Kesehatan Anjing

Cara Menghilangkan Bau Mulut Anjing

Cara menghilangkan bau mulut anjing

Cara menghilangkan bau mulut anjing tergantung pada apa penyebab bau mulut itu. Jika penyebabnya teratasi, bau mulut anjing juga akan teratasi.

Karang gigi, plak, dan penyakit gigi dan gusi lainnya bisa membuat mulut anjing berbau tak sedap. Bawa anjing ke dokter hewan agar giginya dibersihkan. Jika diperlukan dokter hewan juga akan mencabut gigi yang bermasalah.
Makan sembarangan juga bisa jadi penyebab bau mulut. Tergantung dari kebiasaan anjingmu, cegah ia untuk makan sembarangan.

Misalnya mungkin ada anjing yang suka mengorek makanan dari tempat sampah, solusinya buat tempat sampahmu aman tak terjangkau olehnya. Untuk anjing yang suka mengejar hewan kecil dan memakan atau sekedar mengunyahnya, batasi atau awasi kegiatan outdoor-nya.

Minuman juga berpengaruh. Anjing yang berkeliaran bisa saja minum air yang kotor dan berbau. Penting untuk selalu menyediakan air bersih bagi anjingmu agar kebutuhan minumnya tercukupi.

Penyakit seperti ginjal, diabetes, dan liver juga bisa jadi pemicu bau mulut. Tentu diperlukan penanganan dokter hewan.

Makanan harian anjing juga bisa membuat mulutnya berbau. Namun ini sebenarnya tak begitu masalah asalkan makanannya berkualitas. Karena bau semacam ini biasanya hanya timbul setelah makan dan akan cepat hilang.

Bau mulut juga bisa menandakan anjing sedang keracunan. Misalnya keracunan arsenik menyebabkan napas berbau seperti bawang putih yang kuat.

Secara berkala bersihkan gigi anjingmu. Bagi sebagian orang hal ini susah tapi manfaatnya besar sekali. Selain bau mulut terjaga kesegarannya juga mengurangi terbentuknya plak dan karang gigi.

Kamu bisa menggunakan finger brush atau sikat gigi khusus anjing lainnya. Gunakan pasta gigi khusus anjing, jangan pernah menggosok gigi anjingmu dengan pastaa gigi manusia.

Mengunyah adalah cara alami anjing untuk membersihkan giginya. Berilah anjingmu sesuatu untuk dikunyah. Misalnya snack dan mainan yang didesain untuk membantu membersihkan gigi.

Bau mulut lebih sering terjadi pada anjing yang lebih tua. Karena karang gigi sudah terbentuk selama bertahun-tahun, karena itu penting sekali gigi anjing dibersihkan secara rutin. Kamu juga bisa misalnya setahun sekali menjadwalkan ke dokter hewan untuk dibersihkan giginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *