Kesehatan Anjing

Alergi Pinjal Anjing

Alergi pinjal anjing

Alergi pinjal anjing ditandai dengan rasa gatal (tidak harus terus menerus gatal) terutama di area punggung dan ekor belakang anjing. Juga rambut rontok, kulit berkeropeng, adanya pinjal di tubuh anjing, dan adanya kotoran seperti serbuk/remahan pada kulit anjing.

Untuk perawatannya tentu lebih baik dibawa ke dokter hewan untuk diobati. Dokter juga akan menyarankan bagaimana merawat anjing yang terkena pinjal di rumah.

Youtube Cat & Dog

Selain tubuh anjing dibersihkan dari pinjal, rumah juga haru bebas pinjal. Bersihkan kandang anjing, kasurnya, tempat makan, hingga mainannnya. Bersihkan juga rumah dan halaman rumah.

Alergi pinjal pada anjing disebabkan oleh pinjal anjing (Ctenocephalides canis). Merupakan spesies pinjal yang hidup sebagai ektoparasit terutama pada anjing dan kucing.

Bentuknya sangat mirip dengan pinjal kucing (Ctenocephalides felis). Selain menyebabkan alergi, pinjal anjing juga bisa menyebarkan cacing pita anjing (Dipylidium caninum).

Makanan pinjal anjing adalah darah binatang terutama anjing dan kucing. Namun kadang juga bisa menggigit manusia.

Pinjal anjing hebatnya bisa hidup sampai beberapa bulan tanpa makanan. Namun bagaimanapun pinjal betina harus makan darah agar bisa bertelur. Sekali bertelur bisa menghasilkan ribuan butir di bulu-bulu anjing.

Telur nantinya akan menjadi embrio, larva, pupa, kemudian dewasa (imago). Siklus dari telur menjadi dewasa membutuhkan waktu 2-3 minggu, atau lebih lama jika suhunya dingin.

Alergi pinjal adalah alergi paling umum yang menyerang anjing, dengan beberapa survei memperkirakan 40% populasi anjing terpengaruh. Anjing yang alergi mengembangkan penyakit kulit saat bereaksi terhadap protein dalam air liur pinjal, dan hanya perlu satu gigitan untuk memicu rasa gatal di seluruh tubuh.

Pinjal anjing bisa musiman, banyak terjadi di bulan-bulan musim panas pada negara dengan 4 musim. Tapi di iklim tropis mungkin bisa terjadi sepanjang tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *