Kesehatan Kucing

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kucing

Minyak zaitun untuk kucing

Sebelum membahas apa saja manfaat minyak zaitun untuk kucing, sebaiknya kamu tahu bahwa jenis minyak zaitun yang terbaik untuk digunakan adalah extra virgin. Karena extra virgin olive oil tidak diolah secara kimiawi, tidak begitu asam, sehingga lebih aman bagi kucing.

Minyak zaitun tidak beracun bagi kucing, bahkan bagus untuk kucing, namun jangan memberikannya terlalu banyak karena bisa berdampak negatif. Dosis yang disarankan adalah dalam jumlah sedang. Tentu saja sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu pada dokter hewan sebelum memberikan minyak zaitun ke kucingmu, apalagi jika kucingmu mempunyai masalah kesehatan.

Youtube Cat & Dog

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kucingmu:

  1. Mengatasi sembelit dan hairball karena minyak zaitun mempunyai efek pencahar. Berikan minyak zaitun 1 sendok teh selama 3 hari berturut-turut. Kemudian selanjutnya bisa diberikan tiap 3 hari sekali.
  2. Membuat bulu kucing berkilau dan lembut. Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun ke dalam makanan kucing, campur sampai minyak zaitun terserap ke makanan. Berikan 3 kali seminggu.
  3. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun mengurangi resiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.
  4. Kandungan antioksidan, vitamin E, meningkatkan imunitas kucing.
  5. Kandungan lemak tak jenuh tunggal juga membantu menurunkan berat badan.
  6. Menyehatkan kulit kucing. Minyak zaitun bisa membantu mengatasi kulit yang kering, gatal, bersisik. Saat kucing dimandikan, sebelum dibilas pijat lembut bulu dan kulitnya dengan minyak zaitun.
  7. Asam oleat dan fitofenol yang ada dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi peradangan pada kucing.

Beri kucing minyak zaitun dalam jumlah sedikit dahulu (1/2 sendok teh) dan lihat apakah ada efek negatifnya misalnya diare dalam 24 jam. Jika tidak ada efek negatif dosis bisa kamu tambahkan menjadi satu sendok teh lalu tunggu lagi 24 jam. Dosis umum yang disarankan adalah 1 sendok teh minyak zaitun diberikan 2-3 kali seminggu.

Penting diingat bahwa kondisi tiap kucing berbeda-beda. Dosis yang disarankan di atas hanyalah sebagai pengetahuan dan patokan kasar.

Untuk lebih tepatnya kamu wajib meminta saran dari dokter hewan langgananmu. Apalagi karena pada dasarnya minyak zaitun ini adalah suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *