Profil

Merawat Hingga Kedekatan Makin Terikat

Andi Hiroyuki atau lebih akrab disapa Hiro mulai tertarik terhadap berbagai jenis hewan dan kucing sejak masih anak-anak. Namun karena keluarganya melarang untuk memelihara binatang akhirnya Hiro hanya bisa berinteraksi dengan hewan ataupun kucing di luar rumah.

Beruntung saat kuliah di kedokteran hewan IPB Hiro tinggal sendiri, sejak saat itulah Hiro mulai memberanikan diri memelihara kucing.

“Awalnya saya hanya memelihara 2 ekor kucing dan hingga saat ini saya memelihara 14 ekor kucing bahkan sebelumnya sempat memelihara 30 ekor kucing,” ungkap Hiro malu-malu.

Saat ini kebanyakan kucing yang Hiro rawat merupkan kucing domestik dan beberapa kucing campuran dari beberapa ras yang berjumlah 14 ekor dengan nama Saat ini terdapat 14 ekor kucing. Yang bernama, mumu, mimi, janggo, neko, chika, mio, reiko, dawuk, hitam, kobe, abul, hijun, beti, dan abi.

Menurut Hiro memelihara kucing memerlukan kesabaran dan pengertian mengenai perilaku dan kebiasaan hidup kucing. Beberapa kucing dirumahnya ada yang sangat takut dengan kehadiran manusia.

Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar kucing yang ada di rumahnya adalah kucing yang Dia rescue dari jalanan “Beberapa juga merupakan kucing yang diserahkan ke saya oleh pemiliknya karena mereka merasa kesulitan merawatnya,” terangnya bangga.

Hiro juga memaparkan kucing yang memiliki riwayat penyakit kesehatan memerlukan perhatian khusus mulai dari makanannya dan juga harus rutin di cek kondisi kesehatannya.

Pernah ada pengalaman menarik dari salah satu kucing peliharaanya yang bernama Chika. “Chika diserahkan oleh pemiliknya terdahulu yang merupakan teman saya. Saat pertama kali datang ke rumah, dia terlihat sangat takut baik terhadap kucing lain maupun orang lain yang berusaha mendekatinya. Hal ini berlangsung hingga 2 tahun,” terang Hiro.

 

Pada akhirnya Hiro mempelajari mengenai Linking Awareness yang merupakan sarana berkomunikasi dengan hewan.

“Setelah mencoba berkomunikasi dengannya, saya menyadari perubahan perilaku dari chika yang sebelumnya penakut, sekarang mulai lebih percaya diri dan berani untuk mendekati kucing lain dan juga orang lain yang berusaha menggendongnya,” Katanya.

Pernah juga Hiro berusaha menangkap kucing yang kakinya dijerat oleh karet gelang. Kucing tersebut tampak sangat ketakutan dan juga kesakitan.

“Saat saya berhasil menangkapnya, dia langsung menggigit tangan saya, saya berusaha tetap memegang kucing tersebut walaupun tangan sudah berdarah-darah karena digigit kucing tersebut sembari menunggu teman saya membawakan keranjang untuk membawa kucing tersebut,”  kenang Hiro penuh haru mengingat momen tersebut.

Kemudian kucing tersebut dibawa ke dokter hewan untuk memperoleh pengobatan. Tangan Hiro  pun sempat bengkak selama seminggu karena digigit kucing tersebut. Namun setelah kucing  sembuh, kucing tersebut selalu membantu Hiro dalam menemani kucing-kucing lain yang sedang dalam perawatan karena sakit.

Hingga saat ini sudah ada beberapa kucing peliharaanya yang mati, mayoritas disebabkan oleh infeksi virus dan juga beberapa kucing yang saya rescue seringkali memiliki kondisi kesehatan yang buruk.

Hiro juga mengisahkan “Banyak kasus kucing yang diserahkan ke saya memiliki kondisi kesehatan yang buruk seperti kondisi ginjal dan hati yang sudah menurun. Seringkali hal ini disebabkan oleh pemberian pakan yang tidak sesuai oleh owner sebelumnya.”

Kedekatan emosi anatara Hiro dan kucing peliharaaanya ternyata sangat dekat, bahkan beberapa kucing  menunjukan gejala stres ketika ditinggal pergi dalam waktu yang agak lama karena tidak terbiasa berinteraksi dengan orang lain selain dirinya.

“Selama saya bepergian, saya menitipkan perawatan mereka kepada asisten rumah tangga. Seringkali saat ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, beberapa kucing berat badannya turun. Akhirnya saya harus membujuk mereka dengan makanan yang bervariasi agar mereka mau makan” kelakarnya sambil mengelus-elus salah satu kucing peliharaanya.

Hiro juga mengaku jika dirinya belum pernah membawa kucing peliharaanya untuk mengikuti kontes karena terbentur jadwal.

Meski tidak pernah ikut kontes, namun Hiro sangat memperhatikan kebersihan grooming setidaknya 2 minggu sekali Hiro turun tangan langsung untuk memberikan grooming kepada hewan peliharaanya. “saya lebih memilih menggrooming kucing saya sendiri karena selain lebih hemat, juga sekaligus lebih memperdekat diri kita dengan kucing kita dan juga untuk mengetahui kondisi dari setiap kucing.”

Hiro sempat berpikir bahwa vaksin itu tidak terlalu bergunan, namun saat beberapa kucing saya mati karena serangan virus, sehingga Dia mulai menyadari pentingnya pemberian vaksin pada kucing.

Sebagian besar kucing hasil rescue memiliki karakteristik yang sangat beragam. Beberapa kucing menunjukan kecenderungan mengalami PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Hal ini dikarenakan kucing-kucing tersebut ditemukan di lingkungan yang kurang ramah kucing dimana mereka sering kali memperoleh perlakuan yang kejam dari manusia.

Salah satu kucing saya yang mengalami PTSD yang parah saya rescue dari pasar padahal.  Seringkali banyak orang berpikir untuk membuang kucing ke pasar karena mereka berpikir kucing mudah memperoleh makanan di pasar.

Namun pada kenyataanya lebih banyak kucing yang nasibnya mengenaskan saat dibuang ke pasar. Jadi marilah mulai bijak dalam memutuskan memelihara hewan. “Karena saat kita memutuskan memelihara hewan, maka kehidupan hewan tersebut sangatlah bergantung pada bagaimana kita merawat mereka,” tutupnya penuh harap

Untuk catlovers yang ingin berkenalan dengan Hiro kalian bisa menyapanya lewat instagram @andihiroyuki
(vira)

17 Replies to “Merawat Hingga Kedekatan Makin Terikat”

  1. Ada contact Andi Hiroyuki / org lain yg bs gunakan linking awareness ?

    Saya butuh bicara dengan kucing2 saya.

    1. Halo Mbak Anita 🙂
      nomor mas Andi telah saya kirimkan melalui email yah silakan dicek 🙂

      1. Hi.. Kucing saya hilang, sudah dicari kemana mana ga ada. Bolehkah minta contact mas hiro? Saya pengen tau apa kucing saya baik baik saja diluar sana..

      2. Apa kah mas hiro juga bisa bicara dengan anjing kak?aku pngen sekali tau isi hati anjing saya,,sekilas info saja,anjing saya ini aku adopt dari seorang yang mau membyabgnya,karena anjing ini cacat,buta sejak lahir,,

  2. Saya ingin belajar berbicara pada anjing saya apakah sama dengan kucing? Bisa minta no telp mas andi?

  3. Bisa minta tolong kasih semangat ke hiro, dia lagi berjuang dari sakitnya. Tolong kasih tau dia, kita semua sayang sama dia.

  4. HALLO mohon maaf selamat malam, saya sgt perlu jasa mas Hiro utk kucing saya yang hilang? Bisakah saya hub Mas Hiro? Mohon info nya, urgent

  5. halo, boleh minta contact nya untuk tanya22 tentang linking awareness lebih lanjut? terimakasih

  6. Hallo…

    Boleh kah saya meminta no contacts mas Andi Hiroyuki..

    Please, saya butuh bantuan nya.

    1. Hi bisa minta no tlp mas andi ga? Aku desperate cari kucing2 aku yg hilang..pleaseeee tolong aku

  7. Slmt malam, apakah boleh minta kontak wa utk jasa linkingnya? Sy baru saja kehilangan anak sy utk selama-lamanya dan Sampat sekarang masih sangat merasa kehilangan, selain itu tdk ingin hal ini terulang lagi. Boleh minat kontaknya? Atau kalau boleh email-nya, ini email sy [email protected]
    Sy ingin tau isi hati semua anak bulu sy. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *