Kesehatan Kucing

Pertolongan Pertama Pada Kucing

pertolongan pertama pada kucing

Kecelakaan dapat terjadi pada kucing kapan saja dan di mana saja, bahkan pada kucing yang dipelihara indoor sekalipun. Ketika kecelakaan terjadi yang terbaik adalah segera mendapatkan pertolongan dokter hewan.

Beberapa tips pertolongan pertama pada kucing berikut bisa kamu coba sambil menunggu mendapatkan perawatan dari dokter hewan.

Tetap Tenang

Kucing yang terluka bisa bingung, ketakutan, dan menunjukkan perilaku agresif. Jadi penting untuk mendekati dan menangani kucing dengan tenang dan perlahan.

Jika kamu khawatir kucing bakal sangat agresif, kamu bisa menggunakan handuk saat menangani kucing. Untuk mencegah terkena cakaran dan gigitan kucing.

Siapkan P3K Kucing

P3K khusus untuk kucing sebaiknya disiapkan di rumah. Apalagi jika kucingmu mempunyai kecenderungan untuk terluka. Misalnya suka berkelahi atau bermain dengan perabotan rumah yang bisa melukainya.

Yang perlu dipersiapkan di antaranya sarung tangan, handuk, antiseptik untuk merawat luka kucing, gunting, perban, plester, dsb. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa konsultasikan isi P3K kucing dengan dokter hewan langgananmu.

Segera Hubungi Dokter Hewan

Segera hubungi klinik atau dokter hewan langgananmu. Kemudian jelaskan keadaan yang terjadi pada kucingmu. Dokter hewan akan memberi saran apa yang sebaiknya kamu lakukan.

Pendarahan

Peyebab yang paling umum adalah karena luka. Untuk menghentikan pendarahan dapat dilakukan dengan menekan menggunakan perban.

Jika darah merembes dari perban bisa ditambahkan perban yang baru di atas perban yang pertama. Perban pertama jangan dilepas karena dapat mengganggu proses pembekuan darah yang sedang berlangsung.

Jika memungkinkan sebelum diperbah bersihkan dulu luka kucing.

Bawa Ke Dokter Meski Tidak Terluka

Adakalanya kucing terlihat baik-baik saja setelah mengalami kecelakaan. Misalnya dia tidak terluka setelah tertabrak motor. Waspada, segera bawa kucing ke dokter hewan karena bisa saja ada luka dalam yang dialami kucing.

Luka Bakar

Alirkan air dingin setidaknya selama lima menit, lalu segera bawa ke dokter hewan. Jangan mengoleskan salep atau krim. Jaga badan kucing agar tetap hangat.

Keracunan

Dapatkan apapun yang menyebabkan kucingmu keracunan. Jika tanaman maka potong sedikit dan simpan, jika cairan maka simpan kemasannya. Segera telepon klink hewan, jelaskan masalahnya, dan ikuti instruksi dokter hewan.

Saat kamu ke dokter hewan jangan lupa bawa benda-benda yang menyebabkan kucingmu keracunan. Agar dokter hewan lebih mudah untuk mendiagnosis dan menentukan perawatan yang tepat.

Jangan Beri Obat Manusia

Jangan beri kucingmu obat yang diperuntukkan bagi manusia karena bisa berbahaya. Juga jangan beri kucingmu makan karena siapa tahu dia akan membutuhkan anestesi (bius) saat kamu bawa ke klinik hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *