Cat Habit

Tips Agar Kucing Mau Digendong

Menggendong kucing mungkin kelihatan mudah, padahal sebenarnya ada cara yang benar untuk melakukannya. Pastikan kucing merasa aman dan nyaman dengan cat lovers sebelum menggendongnya. Beberapa kucing bahkan membutuhkan pendekatan yang lebih “lembut” dibandingkan kucing lainnya, terutama kucing yang takut pada manusia, atau menderita penyakit seperti radang sendi. Setelah cat lovers disambut oleh kucing, gendonglah dengan menyangga tubuhnya dengan benar.

Dekati kucing

Youtube Cat & Dog

Jika cat lovers ingin menggendong seekor kucing, cat lovers harus mendekatinya terlebih dahulu sehingga dia bisa melihat catlovers datang. Dekati kucing dengan berbicara lembut, menampakkan diri, atau membuatnya tahu cat lovers mendekatinya.

  • Jika cat lovers menggendong kucing dari belakang tanpa diketahuinya terlebih dahulu, kemungkinan dia akan merasa ketakutan, panik, dan tidak aman.
  • Beberapa ahli menyarankan untuk mendekati kucing dari sisi kanan atau kiri tubuhnya, karena mendekati kucing dari depan mungkin akan membuatnya merasa terancam.
  • Jangan pernah mencoba menggendong kucing yang cat lovers temukan di jalan tanpa memerhatikan kucing dan perilakunya. Kucing itu bisa saja liar dan berbahaya. Lebih baik Anda menggendong kucing yang sudah cat lovers

Bersikap Ramah dan Beri Sentuhan

Kucing butuh waktu untuk menerima cat lovers, begitu pun kucing cat lovers sendiri. Setelah dia mengetahui cat lovers mendekat, bersikaplah ramah dan penuh kasih sayang kepada kucing sehingga dia mau cat lovers gendong. Sebagian besar kucing memperkenalkan diri sendiri ke kucing lainnya dengan menyentuhkan wajahnya, jadi sebaiknya cat lovers melakukan hal yang sama, berusahalah mengusap lembut pipi, kening, dan bagian belakang telinga kucing, atau bahkan dagunya jika dia merasa nyaman di dekat cat lovers.

  • Usapan lembut ini bisa membantu kucing agar merasa aman dan disayangi, sehingga mau digendong.
  • Jika kucing cat lovers merasa sedikit tegang, usapan lembut ini juga bisa membantu menenangkannya. Mungkin dibutuhkan waktu cukup lama hingga kucing cat lovers.

Pastikan kucing mau digendong

Sebagian besar kucing mampu memberikan tanda saat mereka tidak mau digendong. Walaupun cat lovers bisa perlahan-lahan menenangkan dan meyakinkan kucing jinak dengan mengusap kepalanya, cat lovers sebaiknya tidak mencoba menggendong kucing yang tampak marah atau enggan untuk digendong. Jika kucing mencoba menjauh, menggigit atau mencakar cat lovers, atau bahkan memukul cat lovers sepertinya Anda harus mencoba menggendongnya di lain waktu.

  • Tanda-tanda peringatan ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak yang ingin menggendong kucing. Anak-anak sebaiknya hanya menggendong kucing yang tenang, merasa nyaman dan aman di dekat mereka. Jangan sampai anak cat lovers dicakar oleh kucing yang tidak ingin digendong.

 

Cara Menggendong

Letakkan satu tangan cat lovers di bawah tubuh kucing, di bawah kaki depannya, jika cat lovers sudah yakin kucing itu mau cat lovers gendong. Letakkan tangan cat lovers di bawah tubuh kucing dengan lembut, tepat di bawah kaki depannya, sehingga cat lovers bisa menyangga tubuhnya dengan baik saat menggendong. Kucing mungkin akan menolak gerakan cat lovers atau tidak langsung menerimanya, jadi cat lovers harus segera menggunakan tangan yang satu lagi segera setelahnya.

  • cat lovers boleh menggunakan tangan kanan ataupun kiri untuk menyangga tubuh kucing dari bawah kaki depan atau belakangnya; sesuaikanlah dengan kenyamanan cat lovers.
  • Beberapa orang bahkan melipat kedua kaki depan kucing, kemudian meletakkan tangan mereka di bawah kedua kaki tersebut, bukan di sela-selanya.

 

Letakkan tangan catlovers yang lain di bawah pinggang kucing

Sekarang, letakkan tangan yang satu lagi di bawah kaki belakang kucing, sehingga dapat menopang kaki dan punggung belakangnya. Gerakan ini mirip seperti menggendong bayi dengan satu tangan. Setelah posisi tangan cat lovers benar, cat lovers bisa mulai mengangkat kucing.


Angkat kucing dengan lembut

Setelah memegangi kucing dengan kedua tangan, cat lovers bisa mengangkatnya ke atas mendekati dada Anda. Cobalah mendekatkan tubuh kucing dengan tubuh Anda segera setelah Anda mengangkatnya. Hal ini akan membuat kucing merasa lebih aman saat mulai digendong. Jika kucing terlalu berat untuk diangkat dari lantai, Anda mungkin bisa mencoba mengangkatnya dari atas meja atau tempat yang lebih tinggi.

Gendong kucing di depan dada

Setelah Anda mengangkat kucing dengan kedua tangan cat lovers, dekatkanlah dengan dada, sehingga sebagian besar tubuhnya menyentuh tubuh Anda. Bagian belakang atau samping kepala kucing juga bisa disandarkan ke dada cat lovers.

  • Secara umum, postur tubuh kucing sebaiknya lurus dengan dada Anda, bukannya melengkung dengan kepala dan leher menjulur ke bawah. Posisi melengkung seperti itu tidak nyaman bagi kucing, sehingga dia mungkin akan melawan dan mencakar Anda.
  • Cat lovers sebaiknya selalu mencoba mengangkat kucing dalam posisi kepalanya mendongak ke atas. Jangan pernah mengangkat tubuh kucing dalam posisi tubuh terbalik.
  • Tentu saja, beberapa ekor kucing lebih suka digendong dengan cara yang berbeda, terutama kucing peliharaan yang lebih nyaman bersama cat lovers. Beberapa ekor kucing bahkan mau digendong seperti bayi, sementara kucing lainnya suka meletakkan kaki belakangnya di bahu cat lovers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *