Kesehatan Kucing

Agar Tidak Digigit Kutu Kucing Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Agar tidak digigit kutu kucing

Memiliki kucing di rumah, kamu berisiko terkena kutu kucing walaupun anabulmu tidak bermain di luar, hanya di dalam rumah saja. Kutu kucing ukurannya sangat kecil jadi mudah untuk menempel ke benda apa pun seperti pakaian, sepatu atau barang-barang yang lainnya.

Saat kutu kucing masuk ke dalam rumah, tidak butuh waktu lama bagi satu kutu untuk bisa berkembang biak menjadi ratusan hingga ribuan. Ini bisa mengganggu kenyamananmu dan juga kucing kesayanganmu.

Youtube Cat & Dog

Kucing terkena kutu bisa disebabkan 3 hal ini

Walaupun kucing selalu bermain di dalam rumah, mereka bisa terjangkit kutu kucing melalui:

1. Pemilik rumah

Memang sih jarang terjadi, tapi kutu bisa memanfaatkan manusia sebagai ‘alat transportasi’ mereka. Kutu kucing mampu melompat vertikal kurang lebih 6 inci. Jadi, tak sulit bagi hewan kecil ini untuk menumpang melalui sepatu atau pakaian pemilik rumah.

2. Hewan pengerat

Jika kamu menemukan tikus di dalam rumah, berhati-hatilah. Karena ini bisa menjadi penyebab munculnya kutu kucing. Tikus bisa membawa kutu dan menyebarkannya ke hewan lain dengan mudah.

3. Saat mengunjungi dokter hewan

Memang sih terdengar tidak biasa, namun tidak mustahil kucingmu terjangkit kutu saat mengunjungi dokter hewan. Terlebih lagi jika ditinggalkan beberapa jam.

Ini karena di tempat dokter hewan juga ada kucing atau anjing lainnya yang bisa saja mereka ada kutu. Sebersih apapun kliniknya, kutu selalu bisa menemukan tempat untuk bersembunyi.

Kutu kucing membuat tidak nyaman bagi si kucing sendiri dan juga pemilik rumah. Agar tidak digigit kutu kucing, kamu wajib melakukan beberapa hal ini.

5 hal yang bisa dilakukan agar tidak digigit kutu kucing

1. Konsultasi ke dokter untuk memperoleh produk pengendali kutu

Kamu bisa bertanya ke dokter hewan untuk obat kutu. Pada umumnya obat kutu dalam bentuk injeksi dan oral. Mengunjungi dokter hewan adalah jalan terbaik karena nantinya kamu akan diberikan rekomendasi obat pengendali kutu yang sesuai.

2. Baiknya tidak membawa kucing keluar rumah

Serangan kutu biasanya terjadi di bulan Maret sampai Oktober, tapi ini tergantung dengan lokasi tempat tinggalmu saat ini. Kutu kucing menyukai cuaca yang lembap dan hangat, dengan suhu berkisar 22-32 derajat celcius dan tingkat kelembapan 75%.

3. Belilah kalung anti kutu

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kamu bisa membeli kalung anti kutu agar tidak digigit kutu kucing. Lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan sampo anti kutu, ini benar-benar membantu membasmi kutu. Tapi, jangan gunakan kalung anti kutu anjing ke kucing ya karena beda jenisnya.

4. Rutin membersihkan rumah

Bersihkan rumah secara rutin. Gunakan pengisap debu untuk membersihkan dari debu dan kutu di sofa, karpet.

Kamu juga bisa menggunakan tanah diatom yang berbentuk seperti bedak talk, lalu taburkan di karpet dan area rumah lainnya. Jangan lupa rutin mengganti seprai juga, dan cucilah dengan air panas.

5. Diffuse essential oil

Kamu bisa diffuse essential oil untuk menghindari kutu kucing. Beberapa essential oil yang tidak disukai baunya oleh kutu antara lain lemon, lavender, peppermint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *