Kesehatan Kucing

Penyebab Bulu Kucing Menggumpal dan Cara Mengatasi

Bulu kucing menggumpal

Kucing adalah hewan yang menjaga kebersihan dirinya dengan baik. Mereka dalam sehari bisa menghabiskan banyak waktu untuk grooming sendiri.

Namun sesekali kegiatan grooming itu membuat bulu kucing menggumpal kusut dan tidak bisa diurai olehnya. Jika itu terjadi, itulah saatnya kucing membutuhkan bantuan kita.

Youtube Cat & Dog

Penyebab Bulu Kucing Menggumpal

Kusutnya bulu cenderung terjadi pada bagian tubuh kucing yang banyak digrooming atau bergerak. Seperti di antara kaki, bawah dada, bawah ekor, dan sekitar leher. Juga bisa terjadi di bahu dan punggung akibat tekanan saat kucing berbaring.

Sebagian bulu kucing juga rontok dengan sendirinya dan bisa menyebabkan kekusutan. Bulu yang rontok bisa tersangkut di bulu lainnya dan mengakibatkan gumpalan. Gumpalan jika dibiarkan menjadi makin besar akan menekan kulit kucing dan membuatnya nyeri saat berbaring.

Mengapa Bulu Menggumpal Itu Tidak Baik

Bulu kucing yang sehat dan bebas kusut memungkinkan udara mengalir terus-menerus ke kulit kucing. Sebaliknya, bulu kucing yang kusut merusak jaringan dengan mencegah oksigen dan kelembaban mencapai kulit.

Akibatnya dapat menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, dan terkadang timbul iritasi. Saat kucing merasakan hal-hal tersebut, justru mereka akan lebih banyak melakukan grooming, yang malah membuat mereka menelan bulu dan mengakibatkan hairball.

Gumpalan bulu yang ada di bagian belakang kucing bisa menjebak feses dan urin. Jika tidak segera dibersihkan bisa menjadi tempat berbiak parasit, menyebabkan infeksi kulit.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Menggumpal

Pertama urai bulu yang kusut dengan jari, lalu semprotkan detangling spray. Kemudian gunakan sisir untuk mengurai bulu, lakukan dengan tidak terlalu menarik kulit kucing.

Tapi tidak semua bulu kucing yang kusut mudah diurai. Dalam beberapa kasus, mencukur atau menggunting bulu adalah satu-satunya solusi.

Jika bulu kucing kusutnya parah sebaiknya jangan ditangani sendiri. Carilah bantuan groomer kucing profesional atau dokter hewan. Mereka bisa mengatasi bulu yang menggumpal tanpa membuat kucing stres atau terluka.

Cara Mencegah Bulu Kucing Kusut

Semakin panjang bulu kucing semakin besar kemungkinannya untuk bergesekan satu sama lain. Untuk menghentikan penggumpakan sisir dan sikat bulu kucing secara teratur. Sambil cek dengan jari untuk mencari jika ada bulu yang menggumpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *