Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Pada Kucing Kesayangan Anda

Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Pada Kucing Kesayangan Anda, 5 langkah yang perlu Anda lakukan. Tekanan darah tinggi sering terjadi pada kucing. Tekanan darah tinggi cenderung ada tanpa tanda-tanda eksternal sampai organ atau jaringan rusak.

Mungkin butuh bertahun-tahun hidup dengan tekanan darah tinggi. Pikirkan sistem pemanas sentral bertekanan berlebih yang dapat mengandung peningkatan tekanan untuk waktu yang lama sampai ‘sesuatu memberi’. Kebanyakan kucing dengan tekanan darah tinggi adalahspesies yang mmiliki usia tua, sangat sering menderita penyakit ginjal atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Tekanan darah yang meningkat telah terjadi karena kondisi-kondisi mendasar ini.

Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Pada Kucing Kesayangan Anda
Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi Pada Kucing (aaha.org)

Beberapa kucing mungkin memiliki tekanan darah tinggi sendiri, tanpa kondisi yang mendasarinya, tetapi ini lebih jarang terjadi pada kucing dibandingkan dengan manusia. Tekanan darah tinggi dapat merusak beberapa organ yang rentan, terutama mata, ginjal, jantung dan otak. Kerusakan dari tekanan yang meningkat ini kemudian dapat memperumit kondisi yang mendasarinya, menciptakan efek lingkaran setan. Tanda-tanda kerusakan seperti ini mungkin termasuk kebutaan sebagian atau seluruhnya, pendarahan pada mata, gagal ginjal, kerusakan otak (menunjukkan, misalnya, jika cocok), dan penyakit jantung.

 Urgensi

Masalahnya bukan keadaan darurat kecuali kerusakan cepat terlihat, mis. kebutaan tiba-tiba atau pingsan karena masalah jantung. Banyak kasus tekanan darah tinggi pada kucing diambil selama skrining rutin kucing yang lebih tua (lebih dari 8 tahun) dan skrining kucing yang memiliki kondisi medis terkait dengan tekanan darah tinggi, mis. penyakit ginjal dan tiroid yang terlalu aktif.

Pertolongan pertama & perawatan tekanan darah tinggi pada kucing

Kucing yang mengalami kehilangan penglihatan atau kerusakan harus disimpan di tempat yang aman sampai ia dapat dilihat oleh dokter hewan. Untuk kucing dengan penyakit ginjal, penyakit jantung atau kelenjar tiroid aktif, lihat bagian yang sesuai dari buku ini.

Perawatan tekanan darah tinggi pada kucing

Tekanan darah kucing akan dipantau secara teindukr untuk menentukan apakah tekanan darah tinggi konsisten dan membutuhkan perawatan. Kebanyakan kucing mentolerir prosedur tanpa rasa sakit ini begitu mereka terbiasa. Sama seperti pada orang, pengukuran berulang dan aklimatisasi cenderung mengurangi ‘efek jas putih’ tekanan darah yang meningkat selama proses pengukuran.

Jelas, pada banyak kucing mengunjungi dokter hewan, tekanan darah akan dinaikkan karena perjalanan dan stres. Namun ini diperhitungkan saat menafsirkan bacaan. Perhatian khusus diberikan pada mata dalam mendiagnosis dan memantau tekanan darah tinggi. Berbagai obat, sendiri atau dalam kombinasi, digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Kucing individu sangat bervariasi, baik dalam hal penyakit yang mendasarinya, dan juga respons mereka terhadap perawatan, sehingga sering kali terjadi penyempurnaan selama beberapa minggu atau bulan untuk mendapatkan keseimbangan perawatan terbaik bagi individu tersebut. Kucing Anda dengan tekanan darah tinggi mungkin tidak menerima perawatan yang sama dengan tetangga Anda. Pemantauan yang berkelanjutan sangat penting.

Pada beberapa kucing, tekanan darah tinggi mengungkapkan penyakit yang mendasarinya tidak diobati (mis. Kelenjar tiroid aktif) dan, setelah kondisi itu ditangani, tekanan darah kembali normal dan tidak dengan sendirinya memerlukan perawatan.

Apa yang menjadi penyebab kucing mengalami tekanan darah tinggi
Apa yang menjadi penyebab kucing mengalami tekanan darah tinggi?

Apa penyebab kucing hipertensi?

Gagal ginjal dan hipertiroidisme telah diidentifikasi sebagai dua faktor predisposisi paling umum untuk perkembangan hipertensi kucing. Penyakit jantung tertentu juga dapat menyebabkan hipertensi. Terkadang penyebabnya adalah primer dan bukan karena kondisi lain, tetapi ini jauh lebih jarang terjadi.

Bagaimana pengobatan hipertensi kucing?
Meskipun ada beberapa obat yang sangat efektif dalam mengobati hipertensi pada manusia, tidak satupun dari obat ini yang disetujui untuk digunakan pada kucing. Upaya penelitian telah menentukan bahwa beberapa obat ini cukup efektif pada kucing. Studi masih dilakukan untuk menentukan obat mana yang paling aman dan paling dapat diandalkan.

Beberapa obat yang paling umum digunakan untuk pemeliharaan adalah amlodipine dan obat golongan ACE inhibitor benazepril dan enalapril. Obat yang kurang umum digunakan termasuk obat jenis beta blocker seperti atenolol dan propranolol atau diuretik yang disebut spironolakton. Selain itu, jika hipertensi disebabkan oleh penyakit yang mendasarinya, juga harus ditangani secara langsung. Dokter hewan Anda akan merekomendasikan pilihan perawatan terbaik untuk kucing Anda berdasarkan kebutuhan spesifiknya.
Sumber: https://vcahospitals.com/know-your-pet/hypertension-or-high-blood-pressure-in-cats

(Mustika)