January 21, 2022
Cara Perawatan dan Penanganan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan

Cara Perawatan dan Penanganan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan

Cara Perawatan dan Penanganan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan. Setiap organ dan jaringan dalam tubuh tergantung, untuk fungsinya yang sehat, pada suplai darah yang memadai. Oksigen dan darah yang kaya nutrisi dikirim ke jaringan, dan produk limbah dibuang dari mereka, melalui sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah).

Agak seperti sistem pemanas sentral, tekanan dalam sistem sirkulasi harus tepat. Jika tekanan terlalu rendah atau ‘bocor’, itu tidak dapat ‘mendorong’ sistem (radiator, atau jaringan dan organ) dan proses normal dapat melambat atau benar-benar berhenti. Jika tekanan terlalu tinggi dan tetap pada level ini untuk waktu yang lama, ada bahaya bahwa sesuatu dapat ‘meledak’ dan merusak atau mengancam kehidupan.

Youtube Cat & Dog

 

Cara Perawatan dan Penanganan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan
Cara merawat kucing yang mengalami tekanan darah rendah (medivet.co.uk)

Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan

Penyebab paling umum dari tekanan darah rendah pada kucing adalah kehilangan darah yang parah, misalnya disebabkan oleh perdarahan setelah kecelakaan lalu lintas. Kehilangan darah ini bisa merupakan pendarahan eksternal (ke lingkungan) atau, sama berbahayanya, pendarahan internal, misalnya ke dada atau perut. Sejumlah besar darah dapat hilang secara internal dan ‘diam-diam’.

Kehilangan tekanan darah yang parah dan tiba-tiba lebih berbahaya daripada yang lebih bertahap, sebagian karena ada sedikit kesempatan untuk memperhatikan hal ini dan mengintervensi, dan lebih sedikit peluang kompensasi tubuh kucing. Kehilangan tekanan darah secara tiba-tiba biasanya menyebabkan pingsan (kehilangan kesadaran karena aliran darah ke otak berkurang).

Penyebab lain tekanan darah rendah termasuk reaksi toksik atau alergi, masalah dengan pompa dalam sistem peredaran darah (jantung), dan penyebab lain dari kondisi medis umum yang oleh dokter hewan disebut sebagai ‘syok’. Tanda-tanda khas tekanan darah rendah adalah kucing yang depresi atau tidak reaktif yang tampaknya dingin saat disentuh (terutama pada area periferal seperti kaki dan ujung makan). Gusi mungkin sangat pucat (suatu kondisi yang disebut pucat) serta dingin dan kering.

Denyut nadi yang lemah mungkin ada. Gejala-gejala ini merupakan konsekuensi dari tubuh yang berusaha mempertahankan tekanan darah sentral atau inti ke organ vital, sementara mengalihkan darah dari struktur yang kurang penting di pinggiran. Namun ini hanya dapat bekerja begitu lama sebelum semua struktur mulai rusak. Urgensi Diduga tekanan darah rendah adalah keadaan darurat dan saran dokter hewan harus segera dicari.

 

Pertolongan Pertama & Perawatan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan

Saat memindahkan kucing ke dokter hewan, suhu tubuh harus dijaga atau ditingkatkan. Gunakan selimut kering, handuk, atau bungkus gelembung. Botol air hangat (tidak panas) bisa sangat berguna untuk mulai meningkatkan suhu kucing. Jika mengemudi, nyalakan pemanas di dalam mobil saat menuju tempat praktik dokter hewan. Pastikan leher kucing tidak berkerut dan ada jalan napas yang bersih setiap saat. Jika kucing muntah, letakkan kucing z dalam posisi kepala menghadap ke bawah untuk mencegah inhalasi muntah. Bicaralah dengan kucing untuk mencoba mempertahankan kesadaran.

Apa gejala tekanan darah rendah pada kucing (ahofsc.com)
Apa gejala tekanan darah rendah pada kucing (ahofsc.com)

Perawatan Tekanan Darah Rendah Pada Kucing Kesayangan

Fokus awal adalah mengembalikan tekanan darah ke normal atau mendekati normal dengan memberikan cairan intravena (infus) atau transfusi darah, oksigen, dan obat-obatan untuk mencoba membentuk tekanan normal. Kucing itu akan dihangatkan. Sementara ini sedang berlangsung, upaya untuk mendiagnosis penyebab tekanan darah rendah akan dilakukan sehingga perawatan khusus dapat dimulai ketika kucing sudah stabil. Ini mungkin memerlukan tes darah, sinar-X atau pencitraan lain (mis. CT scan).

Berapa tekanan darah normal pada kucing?
Kisaran tekanan darah normal untuk kucing berada pada kisaran 120-130 mmHg. Kucing dapat memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sistemik.

Apa gejala tekanan darah rendah pada kucing?
Gejala tekanan darah rendah meliputi:

  • Kelesuan
  • kelemahan
  • Pingsan atau pingsan
  • Gusi pucat atau putih
  • Kebingungan
  • Buang air kecil berlebihan
  • Rasa haus yang meningkat.

(Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *