January 21, 2022
Inilah Cara Menghentikan Pendarahan Pada Kucing Kesayangan Anda. Tidak Perlu Panik!

Inilah Cara Menghentikan Pendarahan Pada Kucing Kesayangan Anda. Tidak Perlu Panik!

Inilah cara menghentikan dan mengobatai pendarahan pada kucing kesayangan Anda setelah – pasca melahirkan, keguguran, dan luka pada kuku, Kehilangan darah yang parah (perdarahan) mengancam jiwa dan menghasilkan syok medis (kehilangan tekanan darah dan kekurangan oksigen ke otak dan organ lain). Jika tidak cepat dibalik, guncangan mengarah pada kematian.

Bentuk fisik syok ini, yang melibatkan kehilangan tekanan darah dan oksigen, diperburuk oleh syok mental yang juga bisa menyebabkan cedera parah atau trauma. Perdarahan besar yang mengancam jiwa biasanya terjadi secara eksternal, setelah luka serius yang merusak arteri atau vena besar.

Youtube Cat & Dog

 

Inilah Cara Menghentikan Pendarahan Pada Kucing Kesayangan Anda. Tidak Perlu Panik!
Cara menghentikan perdarahan pada kucing

Perdarahan internal juga mungkin terjadi setelah pukulan berat ke tubuh atau kadang-kadang akibat penyakit lain. Perdarahan ‘tersembunyi’ ini mungkin sulit diambil kecuali hewan tersebut diamati dengan cermat. Ini dapat terjadi setelah jatuh parah, kecelakaan lalu lintas jalan, sebagai komplikasi operasi dan dalam masalah medis tertentu di mana kemampuan pembekuan darah buruk atau telah dipengaruhi oleh racun (racun).

Pendarahan yang kurang parah adalah bagian yang umum dan perlu dari cedera ringan. Jenis perdarahan ini biasanya berhenti dalam waktu 10 menit sebagai tanggapan terhadap kecenderungan alami darah untuk membeku dan menutup gangguan kecil di dinding pembuluh darah.

Mungkin sulit untuk menilai jumlah kehilangan darah karena sedikit darah tampaknya berjalan jauh, dan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan situasi kecelakaan, panik dapat dimengerti. Saran ahli biasanya diperlukan untuk berada di sisi yang aman. Namun, perdarahan ringan yang tidak mengancam jiwa jauh lebih umum daripada perdarahan mayor.

 

Urgensi

Pendarahan besar, di mana darah merah terang muncul dalam taji atau ketika darah gelap cepat keluar dari luka, selalu darurat. Saran dokter hewan harus dicari dengan cepat, tetapi pertolongan pertama dapat menyelamatkan nyawa hewan (lihat di bawah) dan harus diterapkan terlebih dahulu. Demikian pula, karena risiko syok medis, setiap kucing yang menunjukkan tanda-tanda yang disebutkan di atas untuk pendarahan internal harus segera dilihat. Pendarahan kecil juga harus diobati dengan pertolongan pertama. Itu tidak terlalu mendesak, tetapi tetap harus diperiksa karena kadang-kadang kerusakan lebih luas daripada yang pertama kali muncul.

 

Pertolongan pertama & perawatan kucing yang mengalami pendarahan

Dengan pendarahan hebat, yang penting adalah menerapkan tekanan yang kuat untuk membendung aliran darah, sehingga menghemat tekanan darah dan menjaga kucing tetap hidup. Metode yang tepat untuk menerapkan tekanan tidak penting, asalkan efektif. Teknik umum adalah:

  1. Pemberian perban bisa diterapkan. Ini idealnya diambil dari kotak P3K tetapi juga bisa diimprovisasi. Sebuah bantalan (kapas, tisu, sapu tangan, dll) ditempatkan di atas luka dan lapisan luka perban bulat kuat di atasnya. Pada area di mana tidak mungkin untuk dibalut, pembalut dapat dipegang dengan kuat di tempat saat bantuan dicari. Jika darah merembes melalui perban, jangan lepaskan itu. Alih-alih menerapkan lapisan lebih kencang. Perban adalah metode terbaik untuk mengatasi perdarahan dalam situasi pertolongan pertama.
  2. Pada anggota badan (atau ekor) tourniquet yang kuat dapat diaplikasikan di atas titik perdarahan. Tourniquets dapat diimprovisasi dari perban, potongan tali, dll. Mereka harus diikat cukup kuat untuk menghentikan aliran darah. Tourniquets hanya boleh digunakan ketika perban gagal mengendalikan perdarahan.
  3. Pendarahan dari telinga paling baik dilakukan dengan mengoleskan pembalut ke titik pendarahan dan menahan tempat ini. Kapas wol membantu membendung aliran karena gumpalan bahan memungkinkan darah menggumpal di dalamnya. Setiap gerakan kepala kemungkinan akan menyebabkan perdarahan kembali. Dalam semua kasus, kucing harus tetap tenang dan ditempatkan di pembawa kucing yang aman atau dipegang, mungkin dibungkus dengan selimut. Jaga agar pasien tetap hangat – gunakan botol air panas berlapis. Wrap Gelembung bungkus conserv menjaga panas dengan sangat baik dan dapat melilit kucing di bawah selimut. Lapisan tambahan membantu mempertahankan panas.

 

Cara mengobati pendarahan pada kucing
Cara mengobati pendarahan pada kucing

Perawatan pada kucing yang mengalami pendarahan

  • Kehilangan darah utama diobati dengan cairan intravena (infus), terapi oksigen, dan perawatan intensif. Kadang-kadang, jika darah tersedia, transfusi akan dilakukan.
  • Luka perdarahan hebat mungkin memerlukan pembedahan untuk memeriksa dan memperbaikinya, tetapi ini biasanya terjadi setelah kucing stabil.
  • Pendarahan karena keracunan mungkin dapat diobati dengan menggunakan obat penawar khusus atau obat-obatan untuk membantu menetralkan efek racun jika diketahui racun apa yang harus disalahkan. Yang umum adalah Warfarin (racun tikus) yang dapat dikonsumsi kucing dengan memakan tikus mati. Jika Anda tahu racun telah diambil, cobalah untuk menemukan dan membawa label ke klinik hewan bersama Anda.

Bagaimana cara mengatasi kucing yang pendarahan?

  • Tenangkan kucing agar mudah menanganinya
  • Bersihkan dan gunting bulu disekitar luka.
  • Angkat dan buang duri /kaca penyebab luka.
  • Bersihkan luka dengan larutan garam atau H2O2.
  • Tutup /balut luka dengan verban/kain bersih.
  • Bawa ke dokter hewan.

 

Kenapa keluar darah dari kemaluan kucing?
Jika yang keluar hanya bercak darah kemungkinan kucing sedang dalam masa estrus (birahi). Dapat dicek apakah ada tanda-tanda estrus lainnya. Namun jika darah yang kekuar dalam jumlah banyak harus diwaspadai adanya infeksi atau peradangan pada sistem reproduksinya atau pada saluran kencing.

Apakah air garam bisa menyembuhkan luka kucing?
Selain menggunakan Saline,kamu juga bisa membersihkan luka dengan pembersih alami dari air garam yang memiliki sifat desinfektan. Air garam dapat kamu seduh dengan air hangat dan satu sendok garam, lalu kamu bisa mulai membersihkan bagian yang luka pada tubuh kucing dengan perlahan.

Bagaimana cara mengobati kucing yang terluka?
Tamacillin adalah obat serbuk untuk mengobati luka terbuka pada hewan kucing peliharaan yang aman dan tidak memberikan efek samping negatif meskipun terjilat oleh hewan. Tamacilling mengandung Ampicilin Trihydrate yang khusus untuk hewan dengan komposisi tepat sehingga aman untuk digunakan pada kucing maupun anjing.

Apa yang akan terjadi jika ekor kucing terluka?
Jadi, jika buntut terluka akan memengaruhi cauda equina dan pada akhirnya keseluruhan tubuh kucing kesayanganmu. Luka pada buntut, misalnya karena anak-anak menariknya, bisa berdampak pada mobilitas kucing, masalah pada kaki belakang, ginjal, usus besar bahkan anus.

Apakah luka kucing boleh diberi alkohol?
Alkohol tidak dibenarkan dikenakan pada luka, karena dapat mengiritasi jaringan, sehingga akan muncul sensasi perih atau sakit yang sangat. Sedangkan betadin dapat digunakan untuk luka baru.

(Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *