January 21, 2022
Tips Mencegah Kucing Kesayangan mengalami Kebutaan. Anda Harus Tahu!

Tips Mencegah Kucing Kesayangan mengalami Kebutaan. Anda Harus Tahu!

Tips Mencegah Kucing Kesayangan mengalami Kebutaan. Anda Harus Tahu! Kebutaan adalah hasil akhir dari penyakit mata pada kucing yang serius. Namun, hal itu juga dapat disebabkan oleh penyakit atau cedera pada otak atau sistem saraf (disebut ‘kebutaan sentral’ – karena berkaitan dengan sistem saraf pusat). Pada kebutaan sentral, mata berfungsi secara normal tetapi otak tidak dapat mendekodekan pesan yang diterima darinya, sehingga kucing tersebut tetap buta.

Setiap kondisi parah atau cedera yang mempengaruhi mata dapat menyebabkan kebutaan. Mata mentolerir luka yang tajam jauh lebih baik daripada pukulan tumpul, yang cenderung mengganggu struktur mata jauh lebih berbahaya. Penyebab lain kebutaan termasuk tumor (timbul di mata atau menyebar di sana dari tempat lain), glaukoma, peradangan parah (iritis / uveitis), tekanan darah tinggi dan katarak.

Youtube Cat & Dog
Tips Mencegah Kucing Kesayangan mengalami Kebutaan. Anda Harus Tahu!
Mencegah kucing mengalami kebutaan

Kebutaan mungkin muncul secara tiba-tiba atau dapat berkembang selama periode waktu tertentu. Karena kucing sering beradaptasi dengan baik terhadap kegagalan penglihatan, kebutaan itu tampaknya muncul secara tiba-tiba, padahal sebenarnya kebutaannya telah berkembang lebih lambat tetapi tidak dikenali.

Bagaimana cara mengetahui kucing Anda mengalami kebutaan?

Pemilik kucing dapat mengetahui bahwa hewan peliharaannya buta, dapat dilihat dari beberapa hal. Karena pendengaran yang sangat baik, dalam kasus-kasus tertentu mungkin sulit untuk mengetahui apakah kucing itu buta. Metode berikut akan membantu:

  1. Awasi kucing dengan sangat hati-hati. Apakah dia kadang-kadang menabrak benda-benda, atau mengandalkan sepenuhnya pada sensasi dari kumis alih-alih mata?
  2. Jatuhkan bola kapas atau benda serupa di depan kucing. Apakah dia melihat mereka? Cobalah untuk memastikan tidak ada suara yang dibuat saat benda jatuh. Lewati benda-benda melewati garis pandang kucing, berhati-hatilah agar tidak menciptakan arus udara.
  3. Bangun rintangan kecil menggunakan kotak yang terbalik, tempat sampah kertas, dll. Dan lihat apakah kucing Anda bisa menegosiasikan ini. Cobalah tes di kedua lampu terang dan redup. Kucing tunanetra atau penglihatan sebagian sering kali berhasil dalam lingkungan yang akrab tetapi jika lingkungannya diubah (mis. Furnitur dipindahkan), mereka mungkin menjadi bingung.

Urgensi

Kebutaan tiba-tiba harus segera dinilai karena kadang-kadang mungkin untuk membatasi keparahan dengan perawatan yang tepat. Namun dalam banyak kasus hal ini sayangnya tidak memungkinkan. Cidera fisik apa pun jenis apa pun pada mata juga harus segera mendapat perhatian jika peluang terbaik untuk mempertahankan penglihatan harus diambil. Ini dibahas lebih lengkap di bawah Masalah mata. Kegagalan penglihatan yang lebih bertahap harus diperiksa melalui janji rutin segera setelah diketahui – sekali lagi, dengan tujuan membatasi kerusakan pada mata yang gagal.

 

Pertolongan pertama & perawatan pada kucing yang mengalami cedera mata

Tidak ada pertolongan pertama yang benar-benar tepat kecuali jika ada cedera mata. Kucing yang buta mungkin tertekan dan harus ditempatkan di ruang kecil yang empuk (mis. Pembawa kucing) dan diyakinkan sambil menunggu perawatan.

Mengobati kucing agar tidak mengalami kebutaan
Mengobati kucing agar tidak mengalami kebutaan

Perawatan kucing yang terancm mengalami kebutaan

  • Tujuan utamanya adalah untuk menilai tingkat keparahan kehilangan penglihatan, melihat apakah ini cenderung permanen, dan mencoba untuk mengobati setiap penyebab mendasar yang diidentifikasi.
  • Pemeriksaan mata jelas akan dibutuhkan, tetapi beragam tes darah dan lainnya mungkin diperlukan untuk menentukan masalah mendasar apa yang menyebabkan penyakit pada mata.
  • Untuk mata yang sakit kronis dan tidak berfungsi, pengangkatan mata bedah merupakan pilihan terbaik. Kucing mengatasinya dengan baik, bebas dari rasa sakit, dan menjalani kualitas hidup yang baik.
  • Untuk kucing yang akhirnya buta di kedua matanya, diperlukan penilaian dan diskusi yang cermat tentang kualitas hidup. Individu berbeda-beda dan beberapa kucing dapat hidup dengan baik jika diperhatikan lingkungan dan keamanannya. Pada kucing tua dengan banyak masalah lain, ini mungkin waktu untuk mempertimbangkan eutanasia.

Apakah kucing bisa mengalami kebutaan?
“Kebutaan lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia pada anjing dan kucing.” Namun, pada kebutaan yang terjadi secara bertahap, pemilik hewan butuh waktu untuk menyadari anjing atau kucing peliharaan mereka mengalami kehilangan penglihatan.

Apakah mata kucing buta bisa disembuhkan?
Kucing dengan gejala penurunan fungsi penglihatan harus dibawa ke dokter hewan secepatnya. Kucing dengan masalah kesehatan seperti diabetes harus diperiksa secara rutin untuk melihat adanya gejala-gejala kebutaan. Banyak kasus kebutaan total tidak bisa disembuhkan.

Apa penyebab kucing buta?
Sama halnya seperti manusia, kucing juga bisa terkena penyakit katarak yang menyebabkan penglihatan terganggu, bahkan menjadi buta. Bola mata terlihat berawan atau keruh yang lama-kelamaan menjadi melebar. Katarak inilah yang menghalangi cahaya masuk ke mata dan menyebabkan penglihatan terganggu.

Apa tanda kucing buta?
Adapun beberapa gejala kebutaan pada kucing, yaitu: Matanya tidak merespons cahaya dan pupil matanya melebar. Matanya juga keruh, bengkak atau warnanya memudar. Mata melepaskan air sesering mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *