January 21, 2022
Persiapan Menolong Kucing yang Akan Melahirkan. Kenali Tandanya, Lakukan Tindakan Tepat!

Persiapan Menolong Kucing yang Akan Melahirkan. Kenali Tandanya, Lakukan Tindakan Tepat!

Persiapan Menolong Kucing yang Akan Melahirkan. Kenali Tandanya, Lakukan Tindakan Tepat!. Durasi kehamilan pada kucing rata-rata 63 hari. Tahap-tahap kehamilan selanjutnya ditandai dengan pembengkakan perut yang signifikan, perkembangan payudara (payudara) dan berkurangnya kemampuan berolahraga. Kebanyakan kucing tidak memiliki masalah selama proses persalinan itu sendiri. Tidak seperti anjing, ukuran tubuh dan konformasi (bentuk) relatif konstan pada kucing, dan masalah fisik dalam melahirkan anak kucing akibatnya cukup jarang.

Namun, operasi caesar kadang-kadang diperlukan jika masalah berkembang dan kucing hamil dan kucing harus selalu dijaga ketat, jika tidak mengganggu, pengamatan. Mayoritas kucing peliharaan telah disterilkan (dimandikan) pada usia muda, biasanya sekitar 5-6 bulan atau lebih muda (sterilisasi dapat dilakukan dari 12 minggu, yang disebut ‘sterilisasi dini’), dan karenanya tidak akan pernah memiliki anak kucing, tetapi kadang-kadang orang terkejut ketika kucing yang mereka asumsikan telah dikebiri (misalnya jika diperoleh dari teman atau organisasi penyelamat) ternyata hamil!

Youtube Cat & Dog
Persiapan Menolong Kucing yang Akan Melahirkan. Kenali Tandanya, Lakukan Tindakan Tepat!
Apakah kucing bisa melahirkan sendiri (Kompas.com)

Urgensi

Kucing yang memiliki anak kucing hanya membutuhkan perawatan medis jika ada masalah. Pengakuan kapan harus mencari bantuan itu penting, dan banyak pemilik, jika tidak berpengalaman dalam bidang ini, bisa menjadi bingung. Paling sering, pemilik mencurigai ada masalah padahal sebenarnya tidak ada. Lihat di bawah untuk kemajuan normal jika semuanya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Jika khawatir, tidak ada ruginya mencari saran telepon dari dokter hewan, tetapi jangan harap jika, setelah menerima detail, ia menyarankan pengamatan lebih lanjut dan menunggu.

Tahap- tahap kelahiran pada kucing

Seperti disebutkan di atas, sebagian besar kucing memiliki sedikit masalah jika dibiarkan tidak terganggu. Proses kelahiran normal Pada kucing, kelahiran normal dapat berlangsung selama 1–36 jam tanpa ada masalah khusus. Tidak selalu mungkin untuk mengatakan bahwa proses persalinan telah berhenti karena mungkin ada ‘istirahat’ dalam periode yang cukup lama (mis. Beberapa jam) di antara pemberian anak kucing secara individu. Namun, dengan mengenali fase-fase penting di bawah ini, Anda akan dapat memutuskan kapan gangguan terhadap urutan tersebut mengindikasikan masalah.

Tahap 1 kelahiran pada kucing

Kucing induk biasanya menjadi gelisah, bahkan gelisah, dan dapat membuat suara miaowing dan meremas tempat tidur sarangnya. Ia biasanya menjilat di sekitar perineum (area di bawah ekor) dan mungkin ada cairan yang keluar dari vagina. Napas atau nafas yang lebih berat mungkin diperhatikan. Tanda-tanda awal ini bisa bertahan lama (kadang-kadang 24-36 jam) dan masih cukup normal. Pada sebagian besar kucing, perkembangan ke Tahap 2 kelahiran terjadi setelah beberapa jam. Nasihat dokter hewan yang diminta pada Tahap 1 sering kali sejalan: ‘Yakinkan kucing jika ia membutuhkannya tetapi hindari gangguan yang tidak semestinya. Tawarkan makanan dan air tetapi jangan kaget jika dia tidak mengambilnya. Pastikan ada area aman dan aman baginya untuk memasukkan anak kucing.

Tahap 2 kelahiran pada kucing

Ini adalah saat anak kucing diproduksi. Pada titik ini, kontraksi uterus dan otot perut terjadi dan dimulainya kontraksi ini menandakan akhir Tahap 1 di atas. Induk mungkin sangat gelisah saat ini; dia mungkin lebih keras dan sering mengubah posisinya. Mengejan berlanjut sampai anak kucing lahir, biasanya dalam 30 menit setelah mengejan keras. Kebanyakan anak kucing dikirim dalam posisi ‘menyelam’ dengan kepala dan kaki depan terlebih dahulu, tetapi pengiriman kaki belakang juga dimungkinkan. Awalnya, selaput yang mengelilingi anak kucing terlihat di vagina. Ini pecah dan melepaskan cairan kelahiran. Sang induk dapat menggigit anak kucing saat ia dilahirkan dan memecah kantung kelahiran dengan cara ini – ia tidak berusaha memakan anak kucing pada saat ini. Jika anak kucing yang dilahirkan masih tertutup selaput, dan sang induk tidak menunjukkan kecenderungan untuk menghilangkannya, mereka dapat dengan lembut dipatahkan dan ditarik dari kepala anak kucing untuk memungkinkan bernafas. Lakukan ini segera jika sang induk tidak dalam 1-2 menit. Tusuk kantung dengan kuku atau sobek di antara jari untuk mencapai anak kucing di dalamnya.

Tahap 3 kelahiran pada kucing

Setelah kelahiran anak kucing, plasenta (koneksi ke rahim) dilewatkan. Anak kucing terhubung ke plasenta dengan tali pusar, yang bisa pecah oleh sang induk dengan mengunyah. Jika sang induk tidak berhasil memotong tali, ini harus diikat erat dengan benang beberapa sentimeter dari perut anak kucing, dan kemudian sobek atau gunting dengan gunting di bawah simpul, yaitu simpul tetap di antara tali yang putus atau putus dan anak kucing (untuk hentikan kehilangan darah di sisi anak kucing). Induk dapat memakan plasenta – ini sangat alami.

Kadang-kadang ada penundaan sebelum plasenta dilewati, atau plasenta dari kelahiran anak kucing sebelumnya dapat diteruskan bersama dengan anak kucing berikutnya yang akan dilahirkan. Anak kucing biasanya datang dengan interval sekitar 10–15 menit hingga satu jam dan proses Tahap 2 yang lengkap di atas diulang setiap kali. Namun perlu dicatat bahwa akan ada penundaan yang lama dalam proses, memperpanjang hingga 2, 4 atau 8 jam, tanpa ada masalah. Dalam penundaan ini, induk dapat merawat dan memberi makan anak-anak kucing yang sudah lahir dan beristirahat atau makan. Ukuran sampah bervariasi tetapi seringkali sekitar 3-6 anak kucing.

Persiapan menolong kucing melahirkan di rumah (bobo.grid.id)
Persiapan menolong kucing melahirkan di rumah (bobo.grid.id)

Pertolongan pertama & perawatan pada kucing melahirkan

Kelahiran adalah proses alami dan pertolongan pertama biasanya tidak diperlukan. Namun persiapan yang baik sangat membantu. Yang paling penting, kucing harus memiliki akses ke daerah yang tenang dan terpencil untuk membentuk sarang dan memiliki anak kucing. Seringkali, dia akan memilih tempat yang cocok sendiri, mis. di lemari yang ditayangkan, di bawah tempat tidur, di laci atau di sudut yang tenang.

Anda mungkin dapat memengaruhi pilihan lokasi ini dengan membiarkan pintu lemari strategis terbuka dan membuat area nyaman di dalamnya – tetapi jangan kaget jika kucing menolaknya dan memilih di tempat sendiri! Pastikan anak-anak yang bersemangat tidak mengganggu atau menyentuh kucing betina yang sedang hamil atau kucing; ini dapat mengganggu aliran normal peristiwa dan menyebabkan masalah. Pendekatan terbaik ketika kelahiran telah dimulai adalah pengamatan diam-diam setiap 20 menit atau lebih, tidak lebih dari itu.

Tidak ada salahnya meninggalkan sepiring air, makanan dan nampan sampah yang mudah dijangkau kucing. Dia dapat menggunakannya di antara mengantarkan anak kucing atau pada akhirnya. Suhu di area sarang seharusnya tidak berlebihan. Suhu kamar normal baik-baik saja. Seprai katun adalah jenis tempat tidur terbaik dan pastikan tidak ada penghalang di bawah atau di mana anak kucing yang baru lahir dapat menjadi macet. Mempersiapkan handuk mungkin berguna untuk menggosok dan menstimulasi anak kucing yang tidak bernafas dengan baik, tetapi dalam kebanyakan kasus tindakan normal kucing akan memberikan stimulus yang diperlukan untuk menarik napas dan bernafas.

 

Perawatan hewan

  • Dalam kasus masalah dengan proses kelahiran, mis. anak kucing tidak dapat dilahirkan, kehabisan bendungan, pendarahan, dll. perhatian dokter hewan akan dibutuhkan. Obat-obatan kadang-kadang dicoba untuk mempromosikan kontraksi rahim jika masalahnya hanyalah kelemahan otot karena mengejan yang berkepanjangan dengan sampah yang besar. Kalau tidak, dan jika anak kucing tidak keliru disajikan atau tersangkut di jalan lahir, operasi caesar biasanya diperlukan.
  • Obat-obatan tertentu dapat diberikan untuk mempromosikan ‘menurunkan’ susu. Ini sering digunakan setelah operasi caesar, ketika mereka juga membantu dengan kontraksi.

Apakah boleh membantu kucing lahiran?
Ketika kucing peliharaan sudah menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan, biasanya tidak perlu melakukan apa-apa kecuali mendampinginya.

Berapa lama kucing ngeden melahirkan?
Biasanya dibutuhkan waktu 4-16 jam untuk semua anak kucing dilahirkan, tetapi bisa lebih lama. Hal yang sangat penting, segera hubungi dokter hewan jika induk kucing telah mengejan selama 20-30 menit tanpa melahirkan anak kucing, atau menangis kesakitan.

Persiapan menolong kucing yang akan melahirkan:

  • Amati perilaku kucing yang sudah hamil besar dan terlihat mencari sarang
  • Amati perubahan perilaku kucing
  • Amati apakah kucing suka melewatkan makannya
  • Bila memungkinkan bawalah kucing untuk check-up
  • Sesuaikan asupan makanan pada pada kucing yang sudah hamil besar
  • Menyiapkan kandang kucing
  • Membantu persiapan kucing untuk melahirkan
  • Amati secara berkala durasi kehamilan kucing
  • Amati tanda-tanda komplikasi
  • Jagalah jarak, jangan dekat-dekat dengan kucing yang siap melahirkan persalinan
  • Anda juga pelu mengetahui tanda-tanda kucing akan melahirkan
  • Membersihkan dan mensterilkan tangan anda jika membantu persalinan
  • Selalu mengawasi setiap kelahiran
  • Memastikan induk kucing mengeluarkan kantung ketuban dan membersihkan setiap anak kucing
  • Memeriksa plasenta
  • Jangan memotong tali pusar
  • Selalu memastikan anak kucing dirawat dengan baik.

(Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *