January 21, 2022
Inilah Cara Merawat Luka Gigitan Kucing Karena Berkelahi

Inilah Cara Merawat Luka Gigitan Kucing Karena Berkelahi

Inilah Cara Merawat Luka Gigitan Kucing Karena Berkelahi. Gigitan adalah cedera yang sering terjadi pada kucing, terutama pada pejantan jantan. Kucing yang tidak dikebiri biasanya akan lebih sering berkelahi karena perselisihan wilayah, tetapi semua kucing terkadang menderita gigitan kucing lain. Beberapa hal ini tergantung pada temperamen masing-masing kucing dan keberadaan kucing lain di daerah tersebut.

Gigitan kucing karena berkelahi

Inilah Cara Merawat Luka Gigitan Kucing Karena Berkelahi
Kucing berkelahi bisa menyebabkan luka gigitan (id.quora.com)

Perkelahian mungkin lebih sering terjadi ketika kucing baru bergabung dengan lingkungan dan mengganggu ‘urutan kekuasaan’ saat ini. Tempat yang biasa digigit adalah bagian ekor atau ekor, kaki depan atau sekitar area kepala. Gigitan juga dapat diterima dari spesies lain, terutama anjing, rubah, dan mungkin hewan lain, mis. tikus. Gigitan kecil mungkin tidak diperhatikan karena bulu kucing yang lebat. Kucing mungkin mudah tersinggung selama satu atau dua hari, lalu sembuh.

Youtube Cat & Dog

Seringkali, tanda-tanda rasa sakit yang cukup parah dapat terlihat, dan pembentukan abses setelah gigitan kucing adalah kejadian yang umum. Gigitan yang sangat parah yang ditimbulkan oleh hewan besar seperti anjing bisa sangat serius. Luka tusukan yang dalam, memar yang luas dan trauma dada atau perut dapat terjadi, dengan konsekuensi fatal yang mungkin timbul akibat syok dan perdarahan. Gigitan jenis apa pun secara khas menyebabkan luka tusukan. Ini adalah masalah karena, walaupun kulit rusak kecil, kerusakan di bawahnya bisa besar, terutama jika abses terjadi.

Di daerah otot, suatu kondisi yang disebut selulitis dapat berkembang – ini adalah masalah yang sangat menyakitkan dan kucing yang terkena akan sengsara, seringkali dengan demam / suhu tinggi. Berkembang karena bakteri (menyebabkan abses atau selulitis), tetapi virus-virus penting dapat ditularkan. oleh gigitan, terutama rabies (bukan di Inggris), leukemia kucing (FeLV) dan virus imunodefisiensi kucing (FIV).

 

Urgensi

Jika Anda melihat luka gigitan dan kucing dinyatakan sehat, janji dengan dokter hewan harus dilakukan dan kucing tetap berada di dalam ruangan dan mengawasi dengan cermat sampai saat itu. Jika Anda mencurigai adanya cedera yang lebih serius (mis., Gigitan tipe tumbukan di dada yang disebabkan oleh anjing), jangan menunda untuk mencari nasihat dan perhatian darurat. Gangguan apa pun dengan pernapasan (mis. Napas dangkal cepat atau lambat), keengganan untuk bergerak atau kesulitan dalam membangunkan kucing adalah tanda-tanda yang sangat penting bahwa sesuatu yang serius mungkin sedang terjadi.

 

Pertolongan pertama & perawatan luka kucing karena berkelahi

Ketika terdapat luka pada kucing, dan saat ingin dimandikan, maka lakukanlah dengan lembut dengan lembut dalam larutan garam hangat (1 sendok teh garam sampai 560 ml air) untuk membersihkan kotoran. Rendam segumpal besar kapas dan pegang ini pada luka selama 5 menit setiap jam, seperti yang dijelaskan di bawah Abses. Bentuk antiseptik lain sebaiknya dihindari sampai diagnosis dibuat.

Cara merawat luka pada kucing akibat gigitan berkelahi
Cara merawat luka pada kucing akibat gigitan berkelahi

Perawatan luka pada kucing

  • Ini sebagian besar sama dengan abses. Antibiotik dan obat penghilang rasa sakit sering diresepkan. Jika patah tulang atau kerusakan internal diduga, pengamatan di rumah sakit, sinar-X atau tes atau perawatan lain mungkin diperlukan tergantung pada apa yang ditemukan. Kekhawatiran berlebihan dalam serangan parah oleh hewan yang lebih besar adalah risiko kerusakan dada atau perut bagian dalam, mis. ruptur paru atau kandung kemih.
  • Saluran pembuangan dapat dimasukkan untuk mendorong pelepasan nanah dari abses yang berkembang di dekat permukaan.

 

Apa yang harus dilakukan jika kucing berkelahi?

Jika kucing Anda habis berkelahi maka lakukan hal berikut:

  • Periksa apakah luka. Apabila kucing peliharaanmu berkelahi, Moms harus dapat meraba keseluruh tubuhnya secara pelan-pelan untuk memastikan apakah ada respon sakit atau luka dibagian tubuh lainnya.
  • Bersihkan luka.
  • Perhatikan kondisi mereka.

Apa penyebab kucing bertengkar?
Perilaku kucing yang harus berkelahi dimungkinkan karena kebutuhan insting atau naluri. Kucing secara alami adalah pemburu di alam liar. Oleh karena itu, mereka harus melatih serta mengasah kemampuannya untuk mempertahankan wilayah mereka dan mengalahkan mangsa untuk bertahan hidup.

Kenapa kucing kalau ketemu kucing berantem?
Kita tentu sering melihat antara kucing satu dengan lainnya saling pandang sambil menggeram. Namun, penyebab kucing berkelahi bisa karena kelaperan. Biasanya, mereka laper dan ingin makan. Hal itu kerap membuat sang kucing lebih mudah emosi dan berkelahi

Apakah luka pada kucing boleh dikasih betadine?
Luka pada kucing bisa dilihat dengan mudah. Bila hal itu terjasi, segera lakukan penanganan berikut: Bersihkan luka dengan kapas yang telah diberi cairan antiseptik. Misalnya, cairan hand sanitizer atau Betadine (povidone-iodine) yang dilarutkan alcohol masing-masing satu tetes. Aman kok jika misalnya cairan itu terjilat kucing.

(Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *