Kucing American Bobtail _ Sejarah Ras, Kharakter dan Perilaku

Kucing American Bobtail pertumbuhannya perlahan. Ia akan dewasa penuh dan mencapai ukuran tubuh maksimal di usia 2-3 tahun. Seperti kucing bobtail pada umumnya, kaki belakangnya sedikit lebih panjang dibanding kaki depan. Ekornya, yang menjadi ciri khasnya, panjangnya sepertiga hingga setengah dari ekor kucing normal. Ekornya bisa berbentuk lurus atau melengkung.

Sejarah Ras Kucing American Bobtail

Pada awal 1960-an John dan Brenda Sanders yang sedang berlibur menemukan seekor kucing jantan coklat tabby, di sebuah motel di Arizona. Karena suka dengan temperamen dan ekor sangat pendek kucing yang dinamai Yodie itu, mereka pun membawanya pulang.

 

Kharakteristik dan perilaku kucing American Bobtail
Kharakteristik dan perilaku kucing American Bobtail

Kemudian Yodie dikawinkan dengan kucing Siam betina dan menghasilkan anak. Kitten yang dilahirkan sebagian berekor normal, sebagian berekor sangat pendek (bobtail) seperti Yodie. Anak-anak kucing yang berekor pendek itu selanjutnya menjadi ras kucing baru bernama American Bobtail.

Para breeder pun bergabung mengembangkan American Bobtail. Kucing Birma, Himalaya, dan Siam ditambahkan dalan persilangan.

Pada satu titik para breeder itu frustasi karena kompleksnya kombinasi gen yang diperlukan untuk menghasilkan kucing American Bobtail sesuai standar mereka. Yaitu pola bulu pointed, cakar putih, mata biru, bulu panjang, dan ekor pendek. Beberapa breeder bahkan sampai menyerah.

Di pertengahan 1980 sekelompok breeder undur diri dari standar yang ada. Mereka kemudian mengembangkan American Bobtail yang mirip dengan Yodie yaitu besar, berbulu panjang dan tabby, tampilannya liar, dan berekor sangat pendek.

Mereka hanya menggunakan kucing domestik berekor pendek sebagai bahan pembiakan. Sama sekali tidak memasukkan Japanese Bobtail, Manx, dan ras lainnya ke dalam program. Juga tidak menggunakan kucing liar berekor pendek.

Kucing American Bobtail generasi baru ini lebih sukses dan juga lebih mudah dibiakkan. Tiga asosiasi kucing di Amerika Utara seperti ACFA, CFA, dan TICA menerima registrasinya.

Kucing American Bobtail
Kucing ekor pendek American Bobtail yang lucu (petonbed.com)

Karakter Kucing American Bobtail

Meskipun penampilannya liar, American Bobtail mempunyai temperamen yang manis. Ia kucing yang cerdas, penyayang, dan setia.

Kepercayaan dirinya cukup tinggi dan ramah. Ia cenderung membentuk ikatan emosional dengan pemiliknya dan mudah beradaptasi. Meskipun suka mengekspresikan perasaannya, American Bobtail bukanlah kucing yang berisik.

American Bobtail energik dan suka bermain. Tingkat aktivitasnya tinggi tapi tidak hiperaktif. Kucing ini umumnya ramah pada kucing dan anjing peliharaan lain.

Kucing ini memiliki berat: 7-15 lb (3-7 kg), betina lebih kecil dari jantan dalam kisaran berat ini, dan beberapa jantan mungkin melebihi 15 pound. Mantel: Ada dua varietas mantel; Longhair (resesif autosom) dan shorthair. Jenis longhair adalah mantel lunak shaggy semi-panjang. Mantel rambut pendek menonjol dan juga memiliki penampilan yang tidak terawat. Ini adalah mantel tahan air.

Lapisan bawahnya lembut dan padat seperti bulu kelinci. Semua warna diterima. Mata: Dengan ekspresi menatap liar yang kuat, mata berbentuk oval-almond, dan semua warna mata diterima kecuali mata aneh. Poin Konformasi: Kucing Bobtail Amerika adalah kucing sedang-besar yang berotot dengan kaki pendek yang berat. Ada alis yang khas. Telinga berukuran sedang, tinggi dan lebar serta memiliki jumbai dan perabotan Lynx. Kepala lebar dan merupakan bentuk irisan yang dimodifikasi, dan hidung memiliki istirahat moderat yang sedikit cekung. Ada sejumput kumis yang menonjol.

Kucing-kucing ini memiliki skapula yang menonjol dan cakar bundar yang besar. Bobtail adalah sifat dominan autosomal. Ekor harus cukup panjang untuk dapat dilihat di atas punggung ketika kucing aktif tetapi berada di atas gada saat beristirahat. Rata-rata panjang bobtail berkisar 1-4 “(2,5-10 cm) dan ekor yang lebih lurus lebih disukai. Kiprah Bobtail Amerika mulus dan bergulir. Perawatan: Kebutuhan perawatan rendah sampai sedang adalah tipikal untuk Longhair, dan ada kebutuhan perawatan rendah untuk kucing shorthaired. Mantel cenderung tidak mudah kusut.

 

Sejarah ras kucing American Bobtail
Sejarah ras kucing American Bobtail

Masalah dan Sifat Perilaku Kucing American Bobtail

Karakteristik breed yang dilaporkan meliputi: Penasaran, ramah, mudah beradaptasi, kecerdasan tinggi, kepribadian “seperti anjing”; menikmati permainan seperti mengambil dan bersembunyi dan mencari, bergaul dengan sebagian besar anjing, mencintai anak-anak, kucing yang bersuara tenang menggunakan chirps dan trills kebanyakan, banyak yang bisa belajar membuka pintu, dan mudah untuk melepaskan kereta. Digunakan untuk kucing terapi bantuan psiko karena temperamennya yang tenang dan sangat baik di lingkungan yang sibuk dan bising.