Jenis Kucing

Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail pertumbuhannya perlahan. Ia akan dewasa penuh dan mencapai ukuran tubuh maksimal di usia 2-3 tahun. Seperti kucing bobtail pada umumnya, kaki belakangnya sedikit lebih panjang dibanding kaki depan.

Ekornya, yang menjadi ciri khasnya, panjangnya sepertiga hingga setengah dari ekor kucing normal. Ekornya bisa berbentuk lurus atau melengkung.

Youtube Cat & Dog

Sejarah

Pada awal 1960an John dan Brenda Sanders yang sedang berlibur menemukan seekor kucing jantan coklat tabby, di sebuah motel di Arizona. Karena suka dengan temperamen dan ekor sangat pendek kucing yang dinamai Yodie itu, mereka pun membawanya pulang.

Kemudian Yodie dikawinkan dengan kucing Siam betina dan menghasilkan anak. Kitten yang dilahirkan sebagian berekor normal, sebagian berekor sangat pendek (bobtail) seperti Yodie. Anak-anak kucing yang berekor pendek itu selanjutnya menjadi ras kucing baru bernama American Bobtail.

Para breeder pun bergabung mengembangkan American Bobtail. Kucing Birma, Himalaya, dan Siam ditambahkan dalan persilangan.

Pada satu titik para breeder itu frustasi karena kompleksnya kombinasi gen yang diperlukan untuk menghasilkan kucing American Bobtail sesuai standar mereka. Yaitu pola bulu pointed, cakar putih, mata biru, bulu panjang, dan ekor pendek. Beberapa breeder bahkan sampai menyerah.

Di pertengahan 1980 sekelompok breeder undur diri dari standar yang ada. Mereka kemudian mengembangkan American Bobtail yang mirip dengan Yodie yaitu besar, berbulu panjang dan tabby, tampilannya liar, dan berekor sangat pendek.

Mereka hanya menggunakan kucing domestik berekor pendek sebagai bahan pembiakan. Sama sekali tidak memasukkan Japanese Bobtail, Manx, dan ras lainnya ke dalam program. Juga tidak menggunakan kucing liar berekor pendek.

Kucing American Bobtail generasi baru ini lebih sukses dan juga lebih mudah dibiakkan. Tiga asosiasi kucing di Amerika Utara seperti ACFA, CFA, dan TICA menerima registrasinya.

Karakter Kucing American Bobtail

Meskipun penampilannya liar, American Bobtail mempunyai temperamen yang manis. Ia kucing yang cerdas, penyayang, dan setia.

Kepercayaan dirinya cukup tinggi dan ramah. Ia cenderung membentuk ikatan emosional dengan pemiliknya dan mudah beradaptasi. Meskipun suka mengekspresikan perasaannya, American Bobtail bukanlah kucing yang berisik.

American Bobtail energik dan suka bermain. Tingkat aktivitasnya tinggi tapi tidak hiperaktif. Kucing ini umumnya ramah pada kucing dan anjing peliharaan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *