Serba-SerbiMENGAPA ANJING MENJILAT SESUATU?

May 23, 2022by Cat Lover0

MENGAPA ANJING MENJILAT SESUATU?

MENGAPA ANJING MENJILAT SESUATU?

Youtube Cat & Dog

Apakah anjing Anda selalu menghadiahi Anda dengan ciuman kotor tanpa alasan yang jelas? Cari tahu mengapa anjing suka menjilat sesuatu. Apakah anjing Anda menawarkan ciuman basah ke kiri dan ke kanan? Apakah Anda senang, kesal atau sedikit khawatir, Anda pasti memiliki pertanyaan membara yang sama di benak Anda: mengapa anjing menjilati semua yang terlihat?

Mengapa anjing menjilat?

Ada banyak alasan mengapa anjing menjilati Anda – bisa jadi untuk menunjukkan kasih sayang atau mendapatkan perhatian Anda. Ini juga bisa menjadi tanda stres dan kecemasan. Menjilati anjing mungkin tampak sederhana tetapi itu adalah perilaku yang kompleks dengan begitu banyak arti yang berbeda. Dan jika Anda khawatir anjing Anda menjilat Anda (atau dirinya sendiri) terlalu banyak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk melihat apakah ada kondisi yang mendasarinya.

  1. Menunjukkan kasih sayang

anjing menjilati tangan pemiliknya

Kita semua berharap bisa melakukan percakapan yang layak dengan teman anjing kita. Karena kata-kata bukanlah pilihan untuk anak anjing Anda, mereka harus mencari cara lain untuk menyampaikan perasaan kepada Anda. Ciuman anjing yang jorok hanyalah cara mereka untuk menunjukkan kasih sayang dan mencerahkan hari Anda. Ketika anjing Anda menjilat Anda, itu adalah cara mereka untuk mengatakan betapa berartinya Anda bagi mereka.

  1. Perilaku mencari perhatian

Jika Anda selalu menghargai jilatan penuh kasih sayang anjing Anda dengan perhatian, jangan heran jika ini akhirnya menjadi gerakan yang bisa dilakukan kapan pun anak anjing Anda ingin Anda memperhatikannya. Ini hanya anjing Anda yang mengatakan ‘Aku mencintaimu, tetapi ada sesuatu yang saya butuhkan dari Anda’. Dan karena tidak selalu jelas mengapa anjing menjilat, Anda biasanya perlu menyelidiki perilakunya lebih lanjut. Mungkin mangkuk airnya kosong, atau mereka lapar dan ingin camilan. Pecahkan misterinya dan anjing Anda akan menghadiahi Anda dengan banyak kibasan ekor.

  1. Stres atau kecemasan

pemilik berdiri di atas anjing kecil sambil menjilat hidungnya

Jika anjing Anda mulai menjilati secara berlebihan, ini juga bisa menunjukkan stres atau kecemasan. Suara keras, pindah rumah atau kecemasan perpisahan dapat menyebabkan anak anjing cukup stres untuk mencari cara untuk menenangkan diri. Tindakan menjilati melepaskan endorfin yang membantu anjing tenang dalam situasi stres. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa anjing menjilat kaki, salah satu alasannya adalah lingkungan mereka menjadi tidak stabil karena suatu alasan dan mereka mencari kenyamanan. Jadi, jika Anda melihat anjing Anda merawat atau menjilati Anda lebih dari biasanya, carilah cara untuk mengalihkan pikirannya dari masalahnya. Pergi jalan-jalan bersama, habiskan waktu berkualitas bermain dengan mainan favorit atau manjakan mereka dengan makanan enak yang penuh dengan hal-hal lezat yang mereka sukai. Jika ini tidak membantu, pertimbangkan kunjungan ke dokter hewan untuk rencana perawatan.

  1. Sakit

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mual dan muntah pada anjing saat makan makanan atau obat anjing beracun. Jika anjing Anda merasa mual, ia mungkin menunjukkan gejala seperti menjilat, menelan, meludah terlalu banyak, radang dingin, bersembunyi, atau lesu.

  1. Penyakit Anjing

Virus menular yang paling umum pada anak anjing yang tidak divaksinasi. Gejala lain termasuk batuk, keluarnya cairan dari mata dan hidung, dan demam. Jika Anda mencurigai anjing Anda mengidap penyakit anak anjing, bawalah dia ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.

  1. Kejang

Anjing Anda mungkin gemetar, mulutnya berbusa, pingsan atau bahkan menggigit lidahnya. Kejang dapat diobati dengan obat-obatan. Karena itu, segera bawa anjing Anda ke dokter hewan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kejang pada anjing, baca panduan kami.

  1. Sindrom teror umum

juga dikenal sebagai sindrom tremor sensitif steroid atau sindrom kumis anjing putih dan dapat muncul sebagai tremor otot di seluruh tubuh. Gejala muncul antara usia 9 bulan dan 2 tahun dan sebagian besar terjadi pada anjing muda seperti Maltese dan West Highland White Terrier, tetapi dapat terjadi pada anjing dari berbagai ukuran dan ras. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi dapat dengan mudah diobati dengan kortikosteroid.

Mengapa anjing gemetar saat tidur?

Jika Anda melihat anjing Anda gemetar dalam tidurnya, Anda mungkin sedikit cemas, tetapi jangan khawatir, ini normal. Menariknya, menurut MD perut, gerakan atau sentakan ini disebabkan oleh mimpi aktif anjing Anda! Mereka mungkin bermimpi bersenang-senang dengan sahabat mereka atau melihat kucing tetangga, dan satu-satunya krisis yang muncul adalah gerakan otot.

Kapan harus menghubungi dokter hewan dengan anjing gemetar?

Kadang-kadang alasan anjing Anda gemetar mungkin karena sesuatu yang lebih serius. Jika anjing Anda tiba-tiba mulai gemetar, menggigil, atau jika ia mulai menunjukkan gejala lain seperti diare, muntah, atau pincang, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter hewan. Ini adalah panduan kami untuk menggoyang anjing! Ingin tahu lebih banyak tentang perilaku unik anjing Anda? Cari tahu mengapa anjing menundukkan kepala di bawah ini.

  1. Alergi atau infeksi kulit

Anjing menjilati cakarnya untuk mencoba mengatasi masalah kulit juga. Bisa jadi alergi atau luka yang membutuhkan perhatian Anda, karena menjilat berlebihan terkadang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Bintik merah mentah atau bulu yang hilang adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai. Jika sudah biasa menjilat, jangan menunggu terlalu lama sebelum membawanya ke dokter hewan.

  1. Foto

Banyak pemilik anjing telah melihat teman anjing mereka menjilati hampir setiap permukaan di rumah. Jika Anda bertanya-tanya mengapa anjing saya menjilati semua yang ada di depannya, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa perilaku aneh ini sebenarnya adalah kondisi yang disebut “paruh”, yang membuat anjing ingin makan. Jika makanannya kekurangan nutrisi, ini mungkin cukup untuk mendorong anak anjing untuk mencari mereka di tempat yang paling tidak terlihat dan terkadang hanya perilaku. Kunjungan ke dokter akan cukup untuk menentukan apakah nutrisi yang hilang disebabkan oleh diet atau parasit mereka, dan perawatan apa yang paling tepat untuk mencegah anjing Anda menjilati semuanya. tolong aku

  1. Disfungsi kognitif

Perilaku berulang, seperti menjilat, juga dapat mengindikasikan gangguan neurologis. Disfungsi kognitif pada anjing adalah kondisi yang mirip dengan demensia pada manusia dan salah satu gejala pertama adalah menjilati berlebihan. Apakah itu tempat tertentu di tubuh, lantai atau dinding, alasan anjing Anda menjilati lebih dari biasanya mungkin merupakan tanda dari kondisi serius ini. Pastikan Anda mencari gejala lain yang terkait dengan perilaku ini dan buatlah janji dengan dokter hewan untuk membuat rencana perawatan.

Kapan Anda harus khawatir tentang menjilati anjing Anda?

Anda mungkin tahu bahwa perilaku menjilat anjing Anda tidak biasa. Karena tidak semua anjing berkomunikasi dengan pemiliknya secara berbeda. Menjilati anjing secara berlebihan adalah “visual”, yang berarti bahwa tidak ada aturan ketat untuk mengidentifikasi tanda-tanda bahwa seekor anjing sakit. Tetapi jika anjing Anda menjilat semuanya secara tiba-tiba dan Anda tidak dapat dengan mudah menghentikan perilakunya, Anda harus menemui dokter hewan untuk mengesampingkan kondisi serius apa pun. Ingatlah bahwa setiap perubahan dalam rutinitas anjing dapat menyebabkan kecemasan pada anjing yang lebih sensitif. Apakah ada hewan peliharaan baru, bayi baru atau perubahan jadwal di rumah? Apa pun yang baru dapat merusak ketenangan pikiran anjing Anda. Jadi jika Anda bertanya-tanya mengapa anjing Anda menjilati kaki Anda begitu banyak, pertimbangkan perubahan yang terjadi baru-baru ini. Pelajari tentang perilaku perhatian anjing dan cara menanganinya jika terlalu berlebihan. Dan cari tahu mengapa anjing menggonggong dan apa artinya.

Source: https://www.purina.co.uk/articles/dogs/behaviour/understanding-dogs/why-do-dogs-lick

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *