Jenis Anjing

Si Pintar Poodle

Salah satu ciri khas anjing poodle adalah bulunya yang lucu dan berbeda dari anjing jenis lain. Bulu-bulu ini dapat diatur sesuka hati oleh pemiliknya sesuai selera sehingga tampak lebih cantik. Ditambah lagi, bulu anjing poodle lebih baik kualitasnya dan tidak mudah rontok.

Zaman sekarang, poodle menjadi salah satu anjing yang populer sebagai anjing peliharaan. Selain meski terlihat seperti peliharaan yang manja, namun ternyata anjing ini juga dinilai pintar serta cepat dalam mempelajari hal baru.
Apa saja yah kelebihan si Poodle ini?

Youtube Cat & Dog

Jago berenang

Bulu poodle cukup lebat dan terus tumbuh dengan cepat, sehingga tubuhnya terlindungi bahkan ketika sedang berada di dalam air. Bulu-bulu poodle inilah yang kemudian melindunginya dari air sehingga anjing poodle juga dikenal sebagai hewan yang jago berenang.

Anjing pintar yang berasal dari Jerman

Poodle termasuk anjing pintar. Mereka dapat mempelajari banyak trik lucu dengan cepat jika dilatih sejak bayi. Selain itu, poodle memang menyukai permainan dan kegiatan apa pun, asal tidak duduk diam. Ia termasuk salah satu anjing yang aktif bergerak. Anjing yang berasal dari Jerman ini juga dapat bertahan hidup selama belasan tahun. Kini, poodle bahkan menjadi anjing khas di Perancis.

Lebih nyaman dipelihara daripada jenis anjing lain

Poodle tidak begitu merepotkan untuk dipelihara, sebab bulunya tidak mudah rontok, teman-teman. Dan anjing ini pun tidak mengeluarkan bau seperti anjing Bisa dikatakan bahwa poodle termasuk anjing yang cerdas, lucu, sekaligus bersih. Meski demikian, ternyata poodle termasuk hewan yang suka tidur, sebab seekor poodle dewasa bisa tidur belasan jam sehari.

Sejarah anjing poodle dimulai saat Jerman menggunakan poodle untuk mengejar hewan buruan yang masuk atau melarikan diri ke dalam air.

Poodle dalam bahasa jerman berarti “percikan” dan Hund berarti “anjing”. Sedangkan The Fédération Cynologique Internationale mengatakan bahwa Poodle berasal dari keturunan anjing Barbet Perancis yang telah disilangkan dengan anjing Hungarian. Ras Poodle sangat populer di Perancis dan dijadikan ras anjing nasional.Pada abad ke-17, New York Sun melaporkan bahwa anjing Poodle banyak digunakan sebagai anjing militer pada Perang Dunia II.Poodle banyak membantu dalam terbentuknya ras anjing lain seperti Schnauzer Miniatur, Schnauzer Standar, dan Bichon.

Pada abad ke-18, Toy Poodle mulai dikembangkan di Inggris untuk mendapatkan varian Poodle yang lebih kecil. Pada tahun 1990-an, Standart Poodle digunakan untuk anjing pemburu bebek atau burung.

Poodle dalam bahasa jerman berarti “percikan” dan Hund berarti “anjing”. Sedangkan The Fédération Cynologique Internationale mengatakan bahwa Poodle berasal dari keturunan anjing Barbet Perancis yang telah disilangkan dengan anjing Hungarian. Ras Poodle sangat populer di Perancis dan dijadikan ras anjing nasional. Pada abad ke-17, New York Sun melaporkan bahwa anjing Poodle banyak digunakan sebagai anjing militer pada Perang Dunia II

Poodle banyak membantu dalam terbentuknya ras anjing lain seperti Schnauzer Miniatur, Schnauzer Standar, dan Bichon. abad ke-18, Toy Poodle mulai dikembangkan di Inggris untuk mendapatkan varian Poodle yang lebih kecil. Pada tahun 1990-an, Standart Poodle digunakan untuk anjing pemburu bebek atau burung.

Ciri fisik:

  1. Ada tiga jenis Poodle, yakni Poodle Standard (tinggi badan 15 in, berat badan 13-22 Lbs), Poodle Toy (tinggi badan 10 in, berat badan 4-7 Lbs),dan Poodle Miniature (tinggi badan 11-15 in, berat badan 7-13 Lbs).
  2. Anatomi kepala membulat dengan moncong panjang.
  3. Stop terlihat jelas, telinga menggantung ke bawah.
  4. Ekor dipotong 1/4 – 1/2 tegak lurus menghadap keatas.
  5. Memiliki berbagai macam warna bulu : hitam, putih, coklat, abu-abu dan biru.

 

Kareteristik:

  1. Poodle memiliki sifat yang setia, gemar bermain dan pintar.
  2. Untuk tipe standar sifatnya lebih berani dibanding 2 tipe lainnya yang agak pemalu.
  3. Keistimewaan pada Poodle adalah ras ini tidak mengalami masa pergantian bulu seperti ras lainnya. Bulunya tumbuh di seluruh bagian tubuh hingga di dalam lubang telinga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *