Kesehatan Anjing

Grooming pada anjing, pentingkah ?

Grooming tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga para pencinta anjing, namun seberapa pentingkah? Bagaimana prosedur grooming yang baik dan benar? Berikut sedikit ulasan mengenai grooming. Grooming adalah suatu rangkaian kegiatan merias hewan, di Indonesia grooming lebih identik  dengan merias hewan kesayangan seperti anjing dan kucing. Grooming merupakan bagian penting dari perawatan anjing yang sebaiknya dilakukan secara teratur oleh pemilik anjing. Hal tersebut dikarenakan grooming memiliki kolerasi dengan upaya pencegahan penyakit seperti infeksi jamur, infeksi ektoparasit, nyeri pada tumit akibat kuku yang terlalu panjang, peradangan pada gusi, dan peradangan pada lubang telinga akibat kotoran telinga (ears wax) yang menumpuk. Grooming juga dapat memberikan informasi kepada pemilik terkait dengan kondisi anjing khususnya bagian luar seperti rambut, kulit, dan telapak kaki.

Rangkaian kegiatan Grooming sendiri meliputi mandi, perawatan bulu, telinga, kuku, mata, telapak kaki, dan gigi., adapun alat-alat yang diperlukan meliputi sisir , gunting kuku , handuk , hairdryer , cotton bud , baby oil , shampoo anjing, sikat gigi khusus anjing, pasta gigi, dan handuk. Langkah-langkah sebelum memandikan adalah  memastikan anjing dalam kondisi sehat, gunting kuku pada bagian ujung secara hati-hati, jangan sampai pemotongan kuku terlalu menjorok kedalam atau terlalu pendek karena dapat melukai pembuluh darah pada kuku.
Bersihkan telinga dengan memegang dan memiringkan kepala anjing, lalu buka daun telinga dan bersihkan dengan kapas yang telah diberi baby oil, lalu bersihkan bagian dalam telinga dengan cotton bud, jangan terlalu dalam, lakukan  secara pelan dan ikuti alur lubang telinga. Bersihkan mata dengan memegang kepala anjing , condongkan keatas, usap dengan kapas yang telah dibasahi air hangat atau cairan pembersih untuk membersihkan kotoran disekitar mata, lalu usap dengan kain kering.

Pemeriksaan pada mulut berfokus pada gigi dan gusi anjing karena gusi mudah mengalami peradangan akibat adanya sisa makanan yang tersangkut dan membusuk serta membentuk karang gigi, ras anjing yang sering megalami masalah pada gigi dan gusi adalah ras poodle, untuk menghidarinya dapat dilakukan penyikatan gigi anjing dan pemberian makanan tambahan beruapa chew atau tulang pada anjing.

Cara menyikat gigi anjing dimulai dengan gigi bagian depan seperti gigi taring dan gigi graham depan berlanjut kearah gigi seri dan graham, penyikatan dilakukan secara perlahan dan teliti dengan memastikan bulu-bulu sikat masuk ke sela-sela gigi. Lalu lakukan penyisiran terlebih dulu bulu yang menggumpal agar terurai, kemudian bulu disikat agar bulu bulu yang rontok terangkat selanjutnya anjing dimandikan dengan mengalirkan air melalu selang shower atau gayung secara pelan dimulai dari punggung berurut kebelakang hingga merata termasuk pada bagian anus, lipatan kaki, organ genital, perut serta dada, selanjutnya mulai menuju kearah kepala dan hindari air masuk kedalam telinga karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi lubang telinga pada anjing, khususnya pada anjing yang memiliki telinga panjang dengan posisi menggantung, seperti ras spaniel.

Lalu berikan shampoo anjing secara merata hingga keseluruh tubuhnya, gunakan sikat karet khusus agar shampoo menyentuh bagian dasar kulit, hindari shampoo masuk ke telinga dan mata, lalu bilas kembali tubuh anjing secara merata, setelah proses membilas selesai selimuti anjing dengan handuk hingga setengah kering. Bagian muka dan kepala yaitu sekitar mata telinga dan hidung dibersihkan dengan washlap sampai bersih. Kemudian keringkan dengan hair dryer atau blower pada jarak yang aman sambil disisir hingga kering sempurna sampai dasar kulit.

Cara menyisir rambut dengan menyisir sisir pada bagian perut dan kaki sampai tidak kusut. Lalu sisir bagian kepala dari atas hingga bawah , bagian punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor, kemudian berbalik arah sehingga bulu bulu yang mati terangkat. Sisir bulu disekitar leher dengan arah bolak balik hingga mengembang. Sikat kembali bulu ekor secara perlahan ke arah luar. Dari seluruh rangkaian proses grooming usahakan anjing diperlakukan senyaman mungkin dan lakukan proses grooming ini minimal tiga kali dalam satu bulan untuk menjaga performa anjing. (Malik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *