Jenis Anjing

Anjing Akita Si Pemberani Dari Jepang

Anjing Akita

Anjing Akita adalah anjing besar dengan penampilan yang mengintimidasi. Dulu di jaman feodal Jepang anjing ini digunakan untuk menjaga keluarga bangsawan. Juga untuk melacak dan memburu binatang buruan besar seperti rusa, babi hutan, dan beruang.

Sejarah Akita

Nama Akita diambil dari nama propinsi Akita di Jepang bagian utara. Dari propinsi itulah anjing ini diyakini berasal.

Youtube Cat & Dog

Anjing Akita adalah anjing ras asli Jepang yang terkenal dan dihormati. Anjing Akita modern yang ada saat ini berasal dari usaha pemulihan 7 ras anjing asli Jepang di abad ke-19.

Akita dipulihkan (direstorasi) menggunakan banyak ras anjing. Juga melibatkan anjing ras campuran yang digunakan sebagai anjing petarung. Pada tahun 1918, Perkumpulan Akita-inu Hozankai Jepang dibentuk untuk melestarikan Akita asli, dan pada 1931 anjing Akita ditetapkan sebagai salah satu monumen alam Jepang.

Akita yang paling terkenal sepanjang masa adalah Hachiko. Anjing yang setia datang ke stasiun, menanti tuannya pulang kerja naik kereta.

Ketika tuannya suatu hari meninggal pun Hachiko masih menunggunya. Dia ke stasiun setiap hari selama 9 tahun, terus menunggu sampai dia mati pada 8 Maret 1935. Hachiko diabadikan menjadi sebuah patung, dijadikan film, dan setiap tahun diadakan peringatan akan kesetiaan anjing itu.

Anjing Akita pertama masuk ke Amerika pada 1937, dibawa oleh Helen Keller dari Jepang. Setelah Perang Dunia II selesai, beberapa prajurit yang pulang ke Amerika juga membawa anjing Akita.

Popularitas Akita di Amerika perlahan tumbuh dan akhirnya pada tahun 1972 diakui oleh AKC. Sejak itu anjing ini semakin meningkat popularitasnya. Sekarang di Jepang kabarnya anjing Akita digunakan sebagai anjing polisi dan anjing penjaga.

Karakter Anjing Akita

Akita adalah anjing yang pemberani, mandiri, keras kepala, dan ulet. Ia setia, berbakti dan akan melindungi keluarga majikannya. Tidak ramah pada orang asing dan bisa agresif terhadap anjing lain.

Anjing ini tidak mudah takut dan tidak mudah menyerah pada tantangan. Namun jika dilatih dan disosialisasikan dengan benar ia bisa menjadi anjing yang penyayang.

Merawat Anjing Akita

Akita menyukai aktivitas mental dan fisik setiap hari seperti berlari. Jika kebutuhan aktivitasnya terpenuhi ia bisa menjadi anjing rumahan yang pendiam dan santun. Bulunya perlu disikat sekitar sekali seminggu untuk membersihkan bulu mati.

Pada dasarnya pemilik anjing Akita harus rajin membersihkan anjing ini. Termasuk mengelap air liur dari wajahnya. Yang jelas Akita tidak cocok untuk pemilik anjing pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *