January 21, 2022
Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Penyebab kucing sesak nafas dan cara mengatasinya sebagai pertolongan pertama. Nah tentu Anda penasaran, kenapa kucing sesak nafas dan tidak mau makan? Kesulitan bernapas timbul karena masalah pada sistem pernapasan atau, lebih jarang pada kucing, jantung. Berbagai macam masalah dapat terjadi di sini. Sayangnya, gejala-gejala yang dihasilkan oleh semua masalah ini sering agak mirip, membuat gangguan semacam ini cukup sulit untuk didiagnosis pada awalnya.

 

Youtube Cat & Dog
Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kucing Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Petunjuk dapat diperoleh dari hal-hal seperti usia kucing, riwayat kesehatan sebelumnya, apakah ada trauma atau kecelakaan, dll. Mengenali pola pernapasan normal Kucing dalam operasi hewan sering ditekankan – mereka mungkin telah menempuh perjalanan agak jauh dalam suatu keranjang, dikelilingi oleh suara dan aroma yang tidak dikenal dan akan ditangani oleh orang asing.

Karena alasan ini, mereka mungkin bernapas lebih cepat daripada biasanya; kucing yang sangat stres akan membuka mulut dan terengah-engah dalam situasi ini. Kadang-kadang, pola pernapasan stres ini membingungkan atau menutupi gejala, sehingga sangat membantu bagi pemilik yang jeli untuk memantau pernapasan di rumah dan melaporkan perubahan ke dokter hewan. Ini sangat berguna ketika memantau tanggapan terhadap pengobatan. Apa itu pernapasan normal?

Jika Anda mengamati kucing saat sedang beristirahat (dan lebih baik tidak mendengkur!), Anda akan melihat pola naik turunnya bagian dada:

  • Saat kucing bernafas, dada memanjang keluar.
  • Biasanya ada jeda singkat, kemudian seluruh siklus diulang.

Ini terdiri dari satu pola napas lengkap (‘in-out-pause’). Jika Anda menghitung jumlah napas per menit, ia harus berada di antara 15-30 kucing yang sehat beristirahat. Bernafas harus terlihat mudah, tanpa usaha yang berlebihan, mengi, mendengus atau berdesir. Mulut harus tetap tertutup dan tidak boleh ada gerakan kuat yang terjadi di daerah perut untuk membantu memindahkan udara masuk atau keluar dari dada. Masalah pernapasan biasanya mengubah pola di atas dengan satu atau lain cara.

Masalah umum pernafasan kucing adalah:

  • Pernapasan yang cepat dan dangkal.
  • Pernapasan yang membutuhkan usaha ekstra (ditunjukkan oleh gerakan ekstra perut).
  • Pernapasan yang bising, terganggu oleh batuk, mengi, dll.
  • Mulut bernapas pada kucing yang beristirahat.
  • Pernapasan yang tampaknya lebih buruk ketika kucing mengadopsi posisi tertentu, mis. berbaring di satu sisi.

 

Penyebab umum masalah pernapasan kucing meliputi:

  1. Flu kucing
  2. Bronkitis asma / kucing
  3. Peritonitis infeksi kucing (FIP)
  4. Pneumonia
  5. Rhinitis / sinusitis (radang pada saluran hidung)
  6. Polip (pertumbuhan) di hidung atau tenggorokan
  7. Penyakit jantung

 Urgensi

Sistem pernapasan adalah masalah vital dan masalah serius di sini dapat dengan cepat mengancam jiwa. Beberapa kondisi (mis. Flu kucing) relatif umum dan tidak serius, tetapi yang lain (radang paru-paru, masalah jantung, benda asing yang menyebabkan sumbatan jalan napas) berpotensi sangat serius. Jika Anda ragu, selalu mencari nasihat profesional untuk masalah pernapasan.

 

Pertolongan pertama kucing sesak nafas
Pertolongan pertama kucing sesak nafas

Pertolongan pertama & perawatan kucing yang mengalami masalah pernapasan

Prioritasnya adalah mempertahankan ‘saluran udara bersih’ untuk memungkinkan kucing menarik dan mengeluarkan udara. Jika kucing pingsan, ikuti ‘B’ untuk rutinitas pernapasan yang dijelaskan dalam Kecelakaan, untuk memastikan jalan napas bersih dan pernapasan buatan dapat diberikan. Teknik sederhana ini bisa menyelamatkan jiwa. Pada infeksi kronis dan flu kucing, pemandian yang sering dilakukan di sekitar lubang hidung mungkin diperlukan.

Selain membantu bernafas, ini akan mendorong kucing untuk makan karena sebagian besar kucing tidak akan makan dengan baik kecuali mereka bisa mencium makanan mereka dengan cukup. Dalam cuaca hangat, berhati-hatilah untuk memastikan kucing dengan masalah pernapasan tidak menjadi terlalu panas, terutama saat bepergian ke klinik hewan. Di rumah, gunakan kipas angin dingin dan mandikan kaki dan telinganya dengan air dingin. Saat bepergian, buka jendela di dalam mobil (tentu saja pembawa kucing itu aman). Perhatikan baik-baik tanda-tanda kesulitan bernapas (mulut terengah-engah, napas cepat).

 

Perawatan kucing yang mengalami masalah pernapasan

  • Masalah pernapasan memerlukan investigasi yang cermat dengan pemeriksaan klinis, rontgen dan mungkin tes lain seperti pengambilan sampel darah atau cairan untuk sampai pada diagnosis.
  • Dalam situasi ekstrem, hewan dapat diberi ventilasi dengan oksigen menggunakan tabung pernapasan yang dimasukkan ke tenggorokan (seperti untuk anestesi). Ini hanyalah sebuah metode perbaikan pernapasan buatan yang dilakukan ketika fasilitas yang tepat tersedia.
  • Terapi obat yang sesuai (atau, kadang-kadang, pembedahan) dapat dilakukan setelah diagnosis dibuat.
  • Untuk masalah serius, periode rawat inap mungkin diperlukan untuk menstabilkan kucing dan memungkinkan mereka menjadi terbiasa dengan perawatan dan agar tes diagnostik dilakukan melalui langkah demi langkah.

Apa itu mengi pada kucing?
Terkadang, kucing yang mengi harus segera dibawa ke dokter. “Mengi adalah keadaan darurat ketika kucing terengah-engah dan tidak bisa bernapas,” kata Dr. Gibbons. “Kebanyakan kucing kembali ke fungsi pernapasan normal setelah beberapa kali batuk.

Apa penyebab sesak nafas pada kucing?
Sesak nafas pada kucing dapat disebabkan oleh banyak hal seperti penumonia yang merupakan infeksi paru-paru yang serius pada kucing. Racun dari virus dan bakteri dapat menyebabkan peradangan di paru-paru dan dapat menyumbat lendir di paru-paru kucing.

Kenapa kucing nafasnya grok grok?
Penyebab kucing Grok-Grok

Pneumonia adalah penyebab nomor satu masalah pernapasan atau stroke pada kucing Anda, itu adalah infeksi paru-paru yang cukup serius. Dimana racun dari bakteri dan virus dapat menyebabkan radang paru-paru kucing dan menyebabkan penumpukan lendir di paru-paru

Bagaimana cara menyembuhkan kucing yang sesak nafas?
Salah satu cara untuk mengobati kucingmu yang mengalami sesak nafas, yaitu menggunakan terapi uap dari air panas. Uap dari air panas bisa membuat kucing menjadi lebih mudah dalam bernafas, sehingga bisa meringankan sesak nafasnya.

Apakah asma pada kucing bisa sembuh sendiri?
Setidaknya, 5 persen kucing pernah menderita asma. Diketahui, penyakit asma pada kucing memerlukan perawatan yang tepat. Dengan demikian, penyakit asma yang menyerang kucing pun dapat disembuhkan, sehingga anabul (anak bulu) bisa kembali sehat.

(Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *