Kesehatan Kucing

Kapan Anak Kucing Baru Lahir Boleh Dipegang

Anak kucing baru lahir boleh dipegang

Anak kucing atau kitten memiliki daya pikat yang bisa meluluhkan hati orang. Mata berwarna biru, tubuh mungil, suara mengeong yang pelan membuat orang-orang ingin menggendongnya. Namun, perlu berhati-hati memegang anak kucing yang baru lahir karena bisa berujung kematian.

Apakah Anak Kucing Baru Lahir Boleh Dipegang

Anak kucing yang baru saja lahir biasanya memiliki berat normal 90-150 gr, jika beratnya di bawah itu biasanya tidak akan bertahan hidup lama. Setelah lahir, berilah ruang yang hangat dengan meletakkannya di bawah cahaya lampu sekitar 5 watt, dialasi kertas atau kain, lalu berikan botol yang berisi air hangat dibungkus handuk di bawah tempat tidurnya. Jika persalinan seluruh anak kucing selesai, berikan pada induknya untuk disusui.

Untuk mata anak kucing biasanya mulai membuka pelan di akhir minggu pertama sampai menjelang minggu kedua. Kamu bisa memeriksa matanya dengan menyentuh secara lembut.

Pastikan anak kucing tidak ada nanah, luka maupun kotoran di sekitar mata. Di masa ini pandangannya masih terbatas.

Sebaiknya, anak kucing yang baru berusia seminggu jangan dulu dipegang. Jika kamu memaksa untuk memegang anak kucing yang baru lahir, nantinya akan berakibat terhadap dua hal ini.

1. Dikhawatirkan induk kucing tidak mau menyusui

Salah satu hal yang menyebabkan kematian anak kucing adalah induk tidak mau menyusui anaknya. Faktor yang menyebabkan induk tidak mau menyusui adalah saat dia tidak lagi bisa mencium baunya.

Bisa terjadi bau yang menempel di anak kucing adalah dominan bau manusia. Ini terjadi jika kamu sebagai pemilik terlalu sering memegang anak kucing, sehingga bau manusia lebih menempel.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengelus terlebih dulu bulu induknya lalu pegang anak kucing. Sehingga baumu bisa tersamarkan. Dan jangan pula memegang anak kucing terlalu lama.

2. Terpapar virus

Anak kucing yang baru lahir sangat rentan terkena virus karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan. Jadi, tidak menutupi kemungkinan juga anak kucing baru lahir bisa tertular virus dari sentuhan tanganmu.

Jadi, kapan anak kucing boleh dipegang? Idealnya, tunggu hingga minggu kedua baru kamu bisa memegang dan menggendong anak kucing.

Merawat Anak Kucing

Jangan lupa, agar anak kucing terawat dengan baik, lakukan 3 hal ini secara rutin:

1. Jagalah suhu tempat tidurnya agar tetap hangat

Suhu tempat tidur harus diperhatikan dan jagalah tetap hangat karena anak kucing baru lahir sangat rentan dengan udara yang ekstrem. Baiknya memasang lampu 5 watt di area tempat tidurnya.

2. Tidak boleh pisahkan anak kucing baru lahir dengan induknya

Anak kucing yang baru lahir masih sangat bergantung dengan induknya untuk menyusui. Jadi, jangan pernah memisahkan mereka. Agar lebih nyaman, tempatkan mereka di area yang lebih luas agar induk lebih leluasa menyusui dan memberikan kehangatan untuk anaknya.

3. Timbang beratnya

Untuk dua bulan pertama sebaiknya rutin menimbang beratnya. Ini untuk mengontrol peningkatan juga penurunan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *