Kesehatan Kucing

Penyebab dan Cara Mengobati Suara Kucing Serak Atau Hilang

Suara kucing serak hilang

Kucing bisa mengeluarkan suara karena ada getaran pita suara di bagian trakea. Pita suara tersebut akan terbuka juga tertutup sehingga bisa menghasilkan suara.

Tak bisa dipungkiri, suara mengeong kucing merupakan salah satu daya tariknya yang menggemaskan. Ada yang nyaring dan ada juga yang pelan.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa kucing juga bisa mengalami perubahan hingga kehilangan suara khasnya. Jika suara kucing serak atau bahkan suara kucing hilang baiknya ketahui penyebabnya terlebih dulu.

Penyebab Suara Kucing Menjadi Serak

1. Pertumbuhan pita suara

Penyebab suara kucing serak pada umumnya karena akibat pertumbuhan pita suara (larynx). Pita suara yang tumbuh di anak kucing sering membuat kemampuan mengeong tidak maksimal. Tidak usah khawatir, karena ini adalah hal yang biasa terjadi.

2. Adanya radang tenggorokan

Kucing bisa mengalami radang tenggorokan juga lho. Dan ini bisa menyebabkan suara kucing enjadi serak bahkan bisa hilang sepenuhnya. FYI, trachea yang mengalami peradangan akan membengkak, ini disebabkan adanya virus yang masuk dan menginfeksi.

3. Psikologis

Ini berhubungan dengan lingkungan tempat kucing tingal. Bisa jadi, suaranya serak atau tidak mau mengeong karena stres atau gugup.

Dan jangan sepelekan trauma, karena bisa membuat kucing tidak mau mengeong juga. Contoh kasus, kucing Anda dipukul oleh tetangga karena suara mengeongnya terlalu kencang. Si kucing akan mengalami trauma dan tidak mau mengeong lagi.

4. Penyebab eksternal

Bisa jadi suara kucing serak karena masuknya benda asing ke pita suara. Biasanya ini terjadi, jika kucing makan secara sembarang benda di sekitarnya.

Ini bisa memicu kerusakan pita suara karena benda tersebut masuk dan tersangkut. Selanjutnya, kerusakan ini bisa berefek ke peradangan juga infeksi.

5. Laryngeal paralysis

Ini terjadi apabila adanya kerusakan saraf di laring atau pita suara, yang akan menghalangi kucing untuk bernapas juga bersuara secara normal. Jangan sepelekan penyebab ini, karena membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Gejalanya adalah penurunan berat badan, sulit makan juga bernapas, batuk.

Jika kucingmu mengalami beberapa penyebab di atas, jangan panik! Sebaiknya lakukan langkah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengobati Suara Serak Pada Kucing

1. Berikan asupan nutrisi yang mencukupi

Apabila suara kucing serak disebabkan oleh pertumbuhan pita suara, ini tidak apa-apa karena akan sembuh dengan sendirinya. Yang perlu kamu lakukan adalah berikan nutrisi seperti makanan sehat untuk mempercepat pertumbuhan pita suaranya.

2. Bawa ke dokter

Jika kamu bingung, maka segeralah bawa ke dokter hewan langgananmu. Nantinya kucing akan didiagnosis dan dokter akan melakukan tindakan medis disesuaikan dengan kondisi kucing.

3. Obat-obatan

Kamu ingin memberikan obat-obatan seperti anti radang, anti bakteri dan lainnya, bisa saja. Tapi, wajib perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.

4. Operasi

Kucingmu jika mengalami kondisi laryngeal paralysis segera bawa ke doter hewan. Karena nantinya tindakan medis seperti operasi dan pembedahan harus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *